Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagai Jenis Karya Buku dan Angka Kreditnya untuk Kenaikan Pangkat Guru
https://medium.com/insightdesign/buku-buku-design-yang-sudah-diterjemahkan-ke-bahasa-indonesia-dan-dimana-kamu-bisa-membelinya-b5761d024841

Berbagai Jenis Karya Buku dan Angka Kreditnya untuk Kenaikan Pangkat Guru

Saat ini masih banyak guru yang merasa bingung dengan jenis karya publikasi ilmiah maupun karya inovatif untuk keperluan kenaikan pangkatnya. Hal ini perlu dimaklumi karena mungkin guru tersebut belum membaca dan memahami aturan yang ada di buku 4 tentang Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Di dalam buku pedoman tersebut dijelaskan berbagai jenis karya publikasi ilmiah dan karya inovatif yang disertai cara membuat dan mengusulkan.

Tanpa bisa dipungkiri, kompetensi menulis sangat diperlukan untuk bisa membuat laporan publikasi ilmiah dan karya inovatif yang memenuhi syarat. Jadi suka atau tidak suka guru memang harus bisa menulis. Jika guru merasa kesulitan, ia harus belajar menulis dan terus meningkatkan kemampuan menulisnya. Saat ini banyak yang bisa dilakukan guru agar bisa menulis dan meningkatkan kompetensi menulisnya. Misalnya dengan cara ikut pelatihan menulis, bergabung dengan komunitas menulis, dan tentu saja berlatih menulis.

Selain menulis dalam bentuk laporan, guru bisa menulis berbagai jenis buku untuk keperluan kenaikan pangkatnya. Buku yang ditulis guru bisa berupa buku kategori publikasi ilmiah dan buku kategori karya inovatif (karya sastra). Buku yang termasuk kategori publikasi ilmiah adalah buku teks pelajaran, modul/diktat pelajaran, buku dalam bidang pendidikan, buku karya terjemahan, dan buku pedoman guru. Sedangkan buku yang termasuk kategori karya inovatif (karya sastra) yaitu novel, buku kumpulan cerpen, buku kumpulan puisi maupun buku kumpulan naskah drama/teater/film.

Berikut ini penjelasan masing-masing jenis buku yang bisa dibuat guru dan diusulkan untuk kenaikan pangkat.

Buku Teks Pelajaran

Buku teks pelajaran adalah buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. Buku pelajaran dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.

Buku teks pelajaran yang ditulis oleh guru jika lolos penilaian oleh BSNP memperoleh angka kredit sebesar 6.00. Buku teks yang dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN memperoleh angka kredit sebesar 3.00. Sedangkan buku teks yang dicetak oleh penerbit tapi tidak ber-ISBN memperoleh angka kredit sebesar 1.00.

Modul/Diktat Pelajaran

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Modul/Diktat yang digunakan di tingkat provinsi mendapat angka kredit sebesar 1.50. Modul/diktat yang digunakan di tingkat kabupaten/kota memperoleh angka kredit sebesar 1.00. Sedangkan modul/diktat yang digunakan di tingkat sekolah memperoleh angka kredit sebesar 0.5.

Buku dalam Bidang Pendidikan

Buku pendidikan adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Buku pendidikan berbeda dengan buku teks pelajaran

Besaran angka kredit buku dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit dan berISBN adalah 3.00. Sedangkan buku pendidikan yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN angka kreditnya sebesar 1.50

Buku Karya terjemahan

Buku karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan oleh guru dengan cara menerjemahkan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah. Buku ini yang akan digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran. Angka kredit buku karya terjemahan sebesar 1.00

Buku Pedomana Guru

Buku pedoman guru telah saya bahas secara lengkap dalam artikel saya sebelumnya di link https://rifulhamidah.gurusiana.id/article/2020/6/mudahnya-menyusun-buku-pedoman-guru-untuk-kenaikan-pangkat-278725

Buku Karya Seni

Karya seni berupa karya sastra yang meliputi novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, cerita bergambar, ataupun naskah drama/ teater/film yang dibuat dalam bentuk buku dapat diusulkan untuk kenaikan pangkat. Penciptaan karya sastra ini tidak hanya diperuntukkan bagi guru bidang seni saja tapi berlaku untuk semua guru bidang studi.

Karya sastra novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan naskah drama dapat dibuat dalam bentuk buku yang diterbitkan ber-ISBN oleh penerbit bereditor sastra dan diedarkan di masyarakat. Selain itu bisa juga berupa naskah (cerpen atau puisi ciptaan sendiri) yang dikliping dari surat kabar/majalah atau media massa ber-ISSN.

Besaran angka kredit buku karya sastra yang berkategori kompleks adalah 4.00 dan yang berkategori sederhana adalah 2.00.

Apabila buku-buku tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang maka harus memenuhi ketentuan sebagai berikut.

Demikian penjelasan jenis-jenis buku dan angka kreditnya yang bisa diusulkan oleh guru untuk kenaikan pangkat. Di artikel berikutnya penulis akan mengupas bagaimana membuat buku yang sesuai dengan aturan sehingga lolos penilaian angka kredit. Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Informadi yg sangat bermanfaat. Terima kasih bu

18 Jun
Balas

Aamiin.

19 Jun

Selalu bermanfaat tulisan Bu Riful Hamidah.

18 Jun
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak

19 Jun

Terima kasih informasinya Bu Riful. Sangat bermanfaat. Oh ya Bu Riful, kategori buku karya sastra kompleks atau sederhana itu bagaimana Bu? Terima kasih sebelumnya Bu. Barakalallah dan sukses selalu Bu Riful.

19 Jun
Balas

Besok akan saya tulis ya... terima kasih

19 Jun

Bu Riful...terima kasih banyak. Sangat bermanfaat infonya.

19 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Terima kasih informasi yang ibu berikan sangat bermanfaat

19 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Mantul

18 Jun
Balas

Aamiin

18 Jun

Kalau buku kisah memoar masuk jenis buka yg mana, ya bun?

18 Jun
Balas

Memoar tidak ada dalam jenis karya sastra Bu... Sebaiknya memoar itu bisa diubah dalam bentuk novel atau cerpen.

19 Jun

Mksh tulisan yg sangat bermanfaat ini Mbakku.... Barakallah....

19 Jun
Balas

Sama sama dik

19 Jun

Keren

19 Jun
Balas

Terima kasih

19 Jun

Mantul. Siap untuk eksekusi. Maturnuwun

18 Jun
Balas

Semoga berhasil ya Bu. Aamiin

19 Jun

Mantul. Siap untuk eksekusi. Maturnuwun

18 Jun
Balas

Infirmasi yg sanfat bermanfaat bu. trimkasih

18 Jun
Balas

Sama sama Bu

19 Jun

Mantap trimakasih infonya bu

18 Jun
Balas

Sama sama Bu

18 Jun

koomnya sangat bermanfaat dan memberi motivasi, Bu

18 Jun
Balas

Semangat ya Bu. Terima kasih

19 Jun

Mantap Bu,

18 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Terima kasih atas ilmunya, Yunda.. sukses selalu buat Yunda..

18 Jun
Balas

Untukmu juga ya dik..Aamiin

19 Jun

Terimakasih infonya...

19 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Mantap. Terima Kasih Bu Riful Jos. Wassalamu'alaikum

19 Jun
Balas

Terima kasih hadirnya Pak

19 Jun

Keren bu .............

18 Jun
Balas

Terima kasih Pak

18 Jun

Thank you..mantap. Sangat bermanfaat

18 Jun
Balas

Aamiin

18 Jun

Makasih bu, sangat bermanfaat

18 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Keren, Bu. Terima kasih sudah berbagi ilmu. Ditunggu tulisan berikutnya.

19 Jun
Balas

Insyaa Allah Pak. Terima kasih

19 Jun

Mksi bu, sangat bermanfaat..

19 Jun
Balas

Sama sama Bu

19 Jun

Sangat bermanfaat. Terimakasih ilmunya Bu.

18 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Mantul, bergizi trims yunda

18 Jun
Balas

Aamiin

18 Jun

Terima kasih informasinya Bu.

18 Jun
Balas

Sama sama

18 Jun

Sangat bermanfaat sekali bunda tulisan nya ditunggu tulisan berikutnya

19 Jun
Balas

Insyaa Allah. Terima kasih

19 Jun

Sangat bermanfaat ... Terimakasih Bunda...

19 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Terima kasih infonya buk. Sangat bermanfaat.

19 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Selalu bermanfaat infonya..terima kasih.salam santun

20 Jun
Balas

Terimakasih penjelasannya buk riful ...Sangat bermanfaat

19 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Semoga selalu sukses

19 Jun
Balas

Untuk Bapak juga ya...Aamiin

19 Jun

sangat bermanfaat ibu trimakasih

19 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Luar biasa,.... Ibu bagai perpustakaan hidup. Sukses bu.

19 Jun
Balas

Tulisan saya semuanya ada di buku 4 Pak...saya hanya mengubah cara penyampaiannya saja dengan harapan agar mudah diterima. Terima kasih apresiasi nya...Salam

19 Jun

Jadi semangat nulis

19 Jun
Balas

Semoga sukses ya Bu..Aamiin

19 Jun

Terima kasih cekgu, informasi yang sangat bermanfaat sekali

19 Jun
Balas

Aamiin

19 Jun

Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat bagiku

19 Jun
Balas

Terima kasih Bu

19 Jun

Terimakasih sharing ilmunya, bunda, sangat membantu sekali.

19 Jun
Balas

Sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah.

19 Jun
Balas

Sama sama

19 Jun

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Informasinya sangat bermanfaat. Terimkasih bu Riful Hamidah

19 Jun
Balas

Maaf ibu....Sy guru sejarah semisal sy menulis tentang sejarah lokal yg ada di kab. Magetan kemudian sy jadikan satu seperti makalah ..Apakah bisa dimasukan dlm katagori sebuah buku..dan apakah dpt angka kreditnya....sebagai informasi sy gol lll/c maturnuwun atas atensinya

11 Nov
Balas

Jika karya seni misalnya kumpulan puisi dibuat oleh lebih dari 4 orang apakah dapat digunakan untuk angka kenaikan angka kredit? berapa nilainya?

16 Oct
Balas

Keren menewen ulasannya, salam literasi.

07 Jan
Balas



search

New Post