Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bisakah Melaksanakan PTK di Masa Belajar dari Rumah?

Bisakah Melaksanakan PTK di Masa Belajar dari Rumah?

Ada dua permasalahan pokok yang ditemui guru dalam proses pembelajaran yaitu hasil belajar dan keaktifan siswa yang kadang tidak sesuai dengan harapan. Berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk mencari solusi terhadap permasalahan tersebut. Salah satunya guru melaksanakan penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan metode ilmiah ini diharapkan tindakan yang dilakukan oleh guru teruji, obyektif, dan terbukti efektif untuk memperbaiki proses pembelajarannya sehingga berdampak positif bagi siswa. Permasalahannya sekarang, apakah di masa Belajar dari Rumah yang berlangsung saat ini, yang pada umumnya menggunakan model pembelajaran online (daring), guru bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti sebuah webinar dengan tema PTK untuk peningkatan karir guru. Salah satu narasumbernya adalah Bapak Wendhi Prayitno, widyaiswara dari LPMP DI Yogjakarta. Ketika ada peserta yang menanyakan hal tersebut, beliau memberikan pandangan-pandangannya dan mengatakan bahwa logikanya, penelitian tindakan kelas pembelajaran online (daring) bisa dilaksanakan tapi prosesnya sulit. Guru harus bisa menganalisa permasalahan pembelajaran dengan tindakan atau metode yang sesuai yang bisa diterapkan dengan pembelajaran online (daring) di masa pandemi karena ini berbeda dengan Pembelajaran Jarak Jauh di masa normal. Selain itu guru juga harus mempertimbangkan bagaimana dengan observasinya karena hal ini tergantung dari topik dan variabel permasalahannya. Harus dipikirkan pula instrumennya seperti apa agar data yang diperoleh tidak bersifat subyektif. Misalnya mengamati proses keaktifan siswa tentu akan sulit dilakukan pada saat pembelajaran online (daring).

Terus terang saya masih penasaran dengan jawaban tersebut meskipun sudah bisa saya tangkap maksudnya bahwa penelitian tindakan kelas di pembelajaran online (daring) sebenarnya bisa dilaksanakan, tapi sulit memenuhi persyaratannya. Saya pun memberanikan diri berkonsultasi tentang permasalahan ini dengan Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti, M.Hum, dosen Universitas Negeri Semarang dan juga salah seorang anggota tim penilai angka kredit pusat. Saya bersyukur, beliau berkenan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Jawaban beliau berbeda dengan jawaban Pak Wendi. Beliau dengan tegas mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas tidak bisa dilaksanakan di masa Belajar dari Rumah dengan model pembelajaran daring. Menurut beliau hal itu dikarenakan beberapa alasan, sebagai berikut.

1) PTK dilaksanakan dengan tujuan menyelesaikan masalah yang terjadi di kelas

2) Di dalam PTK hal yang dilihat adalah proses perubahan pembelajaran di kelas ketika siswa dalam kondisi yang sama dan waktu yang sama pula sedangkan kalau Belajar dari Rumah dengan menerapkan pembelajaran daring kondisinya berbeda, tidak bisa dibandingkan karena antarsiswa tidak tahu kondisinya seperti apa.

3) Sulit melakukan observasi kelas untuk mendukung pembahasan hasil.

Oleh karena itu, beliau menyarankan di masa Belajar dari Rumah saat ini, meskipun guru tidak bisa melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru bisa membuat best practice berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pembelajaran model daring.

Demikian Bapak Ibu, semoga artikel ini bermanfaat. Salam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, Bunda.

06 Aug
Balas

Sama sama

06 Aug

Terima kasih Bun...sangat bermanfaat. Terima kasih ilmunya..

06 Aug
Balas

Alhamdulillah sama sama

06 Aug

Terima kasih atas ulasannya KK... sungguh sangat bermanfaat....keren kak

06 Aug
Balas

Makasih dik

07 Aug

tulisan yang menginspirasi

07 Oct
Balas

Mantap bund. Terima kasih

06 Aug
Balas

Sama sama

07 Aug

Tulisan yg menggelitik juga. Msh blm bs bayangkan sy... Semangat, smg bs terlaksana dg baik...

06 Aug
Balas

aamiin

07 Aug

Terima kasih, Kak. Sangat bermanfaat. Besok bisa diulas tentang best practice ya Kak...

06 Aug
Balas

Insyaa Allah ya

07 Aug

Terima kasih atas informasinya ya, Bun. Berarti PTK memang hanya bisa dilakukan di kelas

06 Aug
Balas

kelas dengan kondisi yang normal, mungkin begitu

07 Aug

Mksh pencerahannya, Mbakku... Sangat bermanfaat. Barakallah....

06 Aug
Balas

Sama sama dik

07 Aug

Matur suwun, Bu.

06 Aug
Balas

Sama sama

07 Aug

Makasih untuk pencerahannya

06 Aug
Balas

Sama sama Pak

07 Aug

Sangat bermanfaat yunda.

06 Aug
Balas

Aamiin

07 Aug

Yes terjawab sudah

07 Aug
Balas

Terima ksh mbk sangat bermanfaat sukses slalu slm literasi

07 Aug
Balas

Kelas daring yang masuk cuma separoh dari jumlah siswanya. Terima kasih artikelnya mbak, sukses selalu salam literasi

07 Oct
Balas

PTK nya libur juga karena pandemi.. terima kasih informasinya, Yunda

06 Aug
Balas

hehe..

07 Aug

terimakasih bunda sangat bermanfaat.Sukses selalu

07 Aug
Balas

aamiin

07 Aug

Mantap. Terima kasih Prof. Riful. Semoga semakin sukses. Aamiin.

06 Aug
Balas

Bapak juga ya..

07 Aug

Terimakasih tulisan bergizinya ibu. Barokallah

06 Aug
Balas

Aamiin

07 Aug

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

aamiin

07 Aug

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

Terimakasih bu, sangat bermanfaat

06 Aug
Balas

Sedap dibaca, bermanfaat selalu, Bunda

06 Aug
Balas

aamiin

07 Aug

Wow best practise ya bu ....siap

06 Aug
Balas

Siiip

07 Aug

Wow best practise ya bu ....siap

06 Aug
Balas

Penelitian tindakan kelas tindakannya di kelas bukan tindakannya di awang-awang kalau daring kan di awang-awangHahaha...semangaat bun..mungkin suatu saat ada penemuan tentang penelitian secara daring untuk memenuhi kebutuhan sebagai pengembangan keprofesian guruInspiratif Bunda

06 Aug
Balas

Aamiin

07 Aug

terimaksih bunda tulisannya sangat bermanfaat sekali

06 Aug
Balas

sama sama dik

07 Aug

Mantul Bu, terima kasih

06 Aug
Balas

Sama sama

07 Aug

Bermanfaat. Trims Bu sudah berbagi tulusan yang sarat Informasi. Salam Literasi

06 Aug
Balas

Salam literasi kembali

07 Aug

Penelitian tindakan kelas Maya, best practise bisa ya bu

06 Aug
Balas

Iya best practice saja hehe

07 Aug

Keren bu...

06 Aug
Balas

Terima kasih Pak

07 Aug

Sangat bermanfaat Bunda.... terimakasih

06 Aug
Balas

Sama sama

07 Aug

Terimakasih atas share ilmunya bu Riful Hamidah.

06 Aug
Balas

Sama sama Bu

07 Aug

Terima kasih Bu, sangat menginspirasi, salam sukses selalu

06 Aug
Balas

Terima kasih

07 Aug

sangat informatif dan solusi yang menarik. salam sukses

06 Aug
Balas

Salam sukses kembali

07 Aug

Bermanfaat sekali terima kasih atas ilmu nya Bu.

06 Aug
Balas

sama sama

07 Aug

Sangat bermanfaat bu, informatif. sukses slalu bu, salam kenal

07 Oct
Balas



search

New Post