Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Membuat Lampiran Foto Pembelajaran di Laporan PTK

Cara Membuat Lampiran Foto Pembelajaran di Laporan PTK

Salah satu lampiran yang harus ada dalam laporan Penelitian Tindakan kelas (PTK) adalah foto-foto kegiatan pembelajaran di setiap siklus. Foto-foto ini seyogianya dibuat dan disusun sedemikian rupa sehingga menggambarkan secara jelas bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran di setiap siklusnya. 

Tentu saja foto-foto di siklus 1 akan berbeda dengan di siklus 2. Hal ini dikarenakan di siklus 2 guru melakukan perbaikan-perbaikan tindakan yang didasarkan pada refleksi siklus 1. Semuanya diilustrasikan melalui foto-foto secara lengkap dan jelas.

Selama ini, foto-foto kegiatan pembelajaran pada laporan PTK kadang tidak disusun dengan baik oleh guru. Bahkan, terkesan asal pasang foto. Jadi hanya seperti tempelan saja dan tidak memberi makna serta gambaran situasi kegiatan pembelajaran di setiap siklus.

Tak jarang ditemui foto-foto di siklus 1 sama dengan di siklus 2. Ada juga yang foto-foto-nya tidak nyambung dengan tindakan yang dilakukan oleh guru. Misal, guru menerapkan metode demonstrasi. Namun di foto-foto yang dilampirkan tidak ada gambar guru sedang melakukan demonstrasi. Permasalahan tersebut akan menyebabkan PTK  yang diusulkan oleh guru tidak mendapatkan angka kredit.

Nah, bagaimana cara mengambil dan menyusun foto-foto pembelajaran untuk laporan PTK agar diakui angka kreditnya?  Berikut ini contoh PTK dengan penerapan metode demonstrasi pada materi melipat surat niaga untuk siswa SMK.

Pengambilan foto-foto di siklus 1 yaitu: 

1. Aktivtas guru menjelaskan materi dengan media PPt yang menampilkan bentuk-bentuk lipatan surat

2. Aktivitas guru demonstrasikan cara melipat surat dengan berbagai bentuk lipatan

3. Aktivitas siswa saat bertanya/menjawab/mengemukakan ide

4. Aktivitas siswa saat praktik melipat surat.

5. Aktivitas guru membimbing siswa pada saat mereka praktik.

6. Aktivitas pengamat/observer

7. Aktivitas pelaksanaan tes siklus 1

7. Aktivitas guru menutup pelajaran

Berdasarkan hasil refleksi siklus 1, disarankan di siklus 2 siswa berkelompok. Kemudian guru memilih salah satu siswa dalam kelompok tersebut mendemonstrasikan kepada teman-temannya cara melipat surat. Hal ini dimaksudkan agar para siswa lebih mudah memahami karena yang menjelaskan temannya sendiri.

Pengambilan foto-foto di siklus 2 yaitu:

1. Aktivitas guru ketika mengarahkan siswa membentuk kelompok

2. Aktivitas siswa mendemonstrasikan di setiap kelompok

3. Aktivitas siswa berinteraksi dalam kelompok

4. Aktivitas siswa praktik melipat surat

5. aktivitas guru ketika mengamati dan membimbing siswa

6. Aktivitas pengamat/observer

7. Aktivitas tes siklus 2

8. Aktivitas guru menutup pelajaran

Setelah itu, susunlah foto-foto tersebut secara kronologis dalam file lampiran. Jangan lupa memberi keterangan pada setiap foto.  

Demikian Bapak Ibu, semoga bermanfaat. 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya bunda

17 Jan
Balas

Siip...terimakasih ilmunya Bunda

17 Jan
Balas

Terima kasih Bu Riful. Sangat bermanfaat, ada petunjuk pengambilan foto PTK. Sukses selalu Bu Riful. Salam literasi

17 Jan
Balas

Mantap Bunda. Salam sukses.

17 Jan
Balas

Terimakasih

17 Jan
Balas



search

New Post