Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah
https://pixabay.com/id/illustrations/guru-tablet-matematika-pendidikan-5635919/

Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah

Beberapa waktu lalu saya dihubungi seorang teman melalui pesan whatsapp. Ia seorang kepala sekolah di salah satu Sekolah Dasar yang berada di daerah pelosok (menurut dia) di Jawa Tengah. Ia mengapresiasi tulisan saya tentang trik agar siswa kerasan belajar di kelas daring dan ijin mengadopsinya untuk diterapkan di sekolahnya.

Akhirnya kami mengobrol lewat percakapan telepon, berdiskusi lebih jauh. Ia menyampaikan permasalahan bagaimana melaksanakan supervisi pembelajaran di saat pandemi seperti saat ini, yang notabene pembelajaran dilaksanakan secara daring.

Pada pembelajaran tatap muka, supervisi pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas. Kepala Sekolah bisa langsung mengamati bagaimana guru mengelola pembelajarannya di kelas. Kepala Sekolah bisa menyaksikan bagaimana guru mengawali pelajaran, melaksanakan kegiatan inti, dan menutup pelajaran. Juga bagaimana cara guru berinterkasi dengan siswa maupun cara dia memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar.

Nah, apakah hal seperti itu juga bisa dilakukan pada pembelajaran daring? Jawabannya tentu saja ‘bisa’. Supervisi pembelajaran oleh Kepala Sekolah dalam pembelajaran daring bisa dilakukan dengan cara berikut.

1. Jika guru menggunakan media grup whatsapp kelas, Kepala Sekolah masuk menjadi anggota grup tersebut untuk melaksanakan supervisi.

2. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi video conference seperti zoom, google meet, dan lain-lain, Kepala Sekolah dapat bergabung untuk melaksanakan supervisi.

Mungkin untuk pembelajaran yang menggunakan vicon, pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah hampir sama dengan supervisi pada saat pembelajaran tatap muka. Kepala Sekolah bisa melihat bagaimana guru berekspresi menyampaikan pembelajarannya melalui fasilitas video yang ada. Begitu pula bagaimana situasi kelas itu berlangsung dan wajah-wajah para siswa, dapat disaksikan oleh Kepala Sekolah.

Namun, penggunaan vicon tersebut memiliki beberapa kendala yaitu:

1. Jaringan internet yang tidak mendukung akan menyebabkan gangguan pada saat pembelajaran. Misalnya ada yang terlempar/keluar secara tiba-tiba, tampilan video yang tidak tertangkap dengan baik, begitu pula kadang suara menjadi timbul tenggelam.

2. Berbiaya mahal karena memerlukan kuota internet yang lebih banyak.

Menurut saya, jika vicon tidak memungkinkan dilaksankan, penggunaan whatsapp, telegram, atau aplikasi sejenis lainnya menjadi alternatif yang bisa dipilih oleh guru dan Kepala sekolah untuk kebutuhan supervisi. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut lebih ramah di kantong karena tidak banyak menghabiskan kuota ineternet atapun paket data karena ada yang gratis. Orangtua siswa juga akan senang karena tidak akan memberatkan.

Pada saat pembelajaran menggunakan whatsapp atau telegram, guru bisa mengirim pesan baik pesan teks, suara, gambar, WPS, ataupun video. Demikian pula sebaliknya, dengan siswa juga bisa mengirimkan hal yang sama. Guru juga bisa mengelola pembelajarannya secara lengkap dengan menggunakan whatsapp atau telegram.

Interaksi guru dan siswa bisa dilaksanakan melalui pesan suara maupun pesan teks. Begitu pula ketika guru melaksanakan penilain, baik sikap, pengetahuan ataupun keterampilan juga bisa dilakukan dengan menggunakan whatsapp ataupun telegram.

Dengan berada di grup kelas selama pembelajaran daring berlangsung, Kepala Sekolah dapat mengetahui apa saja yang dilakukan guru di kelasnya. Bagaimana guru mengisi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, maupun ketika mengakhiri pembelajaran. Bagaimana cara guru mengaktifkan kelas, memotivasi siswa, merespon dan lain-lain. Begitu pula bagaimana cara ia memanfaatkan media maupun sumber pembelajaran. Semuanya bisa diamati oleh Kepala Sekolah. Dengan demikian ia bisa melaksanakan supervisinya.

Adapun tahapan pelaksanaan supervisi sama seperti pada supervisi tatap muka. Dimulai dari pengarahan, kesepakatan jadwal, pemeriksaan administrasi pembelajaran, pelaksanaan supervisi di kelas (daring), dan evaluasi serta tindak lanjut. Instrumen supervisi yang digunakan juga bisa menggunakan instrumen supervisi tatap muka yang biasa digunakan atau memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Alhamdulillah. Beberapa hari kemudian teman saya mengabarkan kalau ia sudah melaksanakan supervisi daring. Ternyata respon siswa cukup bagus. Mereka menjadi aktif, begitu pula kehadiran mereka. Tentu hal ini menggembirakan bagi teman saya sampai ia menuliskan ‘meski mendung di langit, tapi terang di hati ini’.

Tak hanya itu saja. Teman saya juga mengatakan kalau supervisi daring itu asik. Bahkan Ia bisa mengidentifikasi beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.

Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Bu Riful

11 Mar
Balas

Selalu ada jalan ya, Bun. Keren artikelnya

12 Mar
Balas

Tulisan yang mencerahkan Bunda. Terima kasih

11 Mar
Balas

ulasan yang meginspirasi terima kasih sudah berbagi bun.

12 Mar
Balas

Ya, gitu deh

11 Mar
Balas

Kepala sekolah yang layak...peduli & memonitor KBM disekolah yg dipimpinya.

11 Mar
Balas

Alhamdulillah Bu, walau supervisinya hanya melalui whatsapp, namun aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik tampak komunikatif. Terima kasih pencerahannya.

11 Mar
Balas

Mantap bu Riful... Seperti biasa...

11 Mar
Balas

Mantap tulisannya bun.. Sangat menginspirasi.. Salam literasi.

11 Mar
Balas

Mantap tulisannya bun.. Sangat menginspirasi.. Salam literasi.

11 Mar
Balas

Tak pernah berhenti berbagi... #Mantap Shohib

11 Mar
Balas

Terima kasih telah berbagi bu.sukses selalu

11 Mar
Balas

Tulisan yang mencerahkan Bunda. Terima kasih

11 Mar
Balas

Sangat menginspirasi.

11 Mar
Balas

SANGAT MENGINPIRASI TULISANNYA BUNDA....

11 Mar
Balas

Bisa menambah Inspirasi bun, kereeen

11 Mar
Balas



search

New Post