Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
MUDAHNYA  MEMBUAT  DUPAK (DAFTAR USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT)  UNTUK KENAIKAN PANGKAT
https://disdikbudacehbesar.org/2019/10/02/pengumuman-dupak

MUDAHNYA MEMBUAT DUPAK (DAFTAR USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT) UNTUK KENAIKAN PANGKAT

Pada saat guru mengajukan berkas usulan PAK (Penetapan Angka Kredit), selain berkas kepegawaian dan bukti fisik yang diusulkan, maka pengusul harus melampirkan DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit) beserta kelengkapannya. DUPAK yang berlaku saat ini menggunakan format baru sesuai Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 Tahun 2010.

Ada 5 lampiran dalam DUPAK yaitu: Lampiran I berupa DUPAK, Lampiran II berupa Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan dan Tugas Tertentu, Lampiran III berupa Surat Pernyataan Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Lampiran IV berupa Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan Penunjang Tugas Guru, dan Lampiran V berupa Konsep Penetapan Angka Kredit. Semua lampiran harus ditanda tangani oleh Kepala Sekolah/Atasan langsung dan distempel.

Pembuatan DUPAK ini sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan oleh guru sendiri. Yang penting ia paham tentang data kepegawaian dan jumlah angka kredit untuk masing-masing unsur/butir kegiatan. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi pembuatan DUPAK yang mudah dikerjakan. Di situ juga sudah terdapat keterangan besaran angka kredit masing-masing unsur/butir kegiatan. Pengguna tinggal memasukkan besaran angka kredit pada kolom BARU.

Agar pembuatan DUPAK dapat dilakukan dengan lancar, maka guru harus menyiapkan semua berkas, baik berkas kepegawaian, maupun bukti fisik yang akan diusulkan. Berkas kepegawaian berupa Surat PAK terakhir, Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Terakhir, NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan Nomor Seri Kartu Pegawai. Berkas ini digunakan untuk mengisi Keterangan Perorangan. Sedangkan berkas bukti fisik digunakan untuk mengisi Unsur yang Dinilai.

Ada dua macam unsur yang dinilai dalam DUPAK yaitu Unsur Utama dan Unsur Penunjang. Unsur Utama terdiri dari sub unsur: Pendidikan, Pembelajaran/Bimbingan dan Tugas Tertentu, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Sub Unsur PKB ini terdiri dari: Melaksanakan Pengembangan Diri, Melaksanakan Publikasi Ilmiah dan Melaksanakan Karya Inovatif. Unsur Penunjang Tugas Guru terdiri dari sub unsur: Memperoleh Ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampu, Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas guru, dan Memperoleh penghargaan.

Cara pengisian angka kredit masing-masing unsur/butir kegiatan di DUPAK adalah: Angka kredit unsur pendidikan diambil dari ijazah yang sesuai dengan bidang yang diampu. Jika S-1 jumlah angka kreditnya 100, S2 jumlah angka kreditnya 150 dan S3 jumlah angka kreditnya 200.

Angka kredit unsur Pembelajaran/Bimbingan diambil dari lampiran 1D pada laporan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Untuk guru yang mendapat tugas tertentu yang mengurangi jam mengajar seperti Wakil Kepala Sekolah, Ketua program keahlian dan sejenisnya, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium, bengkel, unit produksi dan sejenisnya, maka angka kreditnya dihitung sebesar 50% dan angka kredit tugas pokoknya sebagai guru dihitung sebesar 50%.

Angka kredit unsur Melaksanakan Tugas Lain yang Relevan dihitung berdasarkan persentase dari angka kredit PKG. Misalnya, angka kredit tugas menjadi wali kelas dihitung sebesar 5% dari angka kredit PKG. Adapun tugas tertentu yang kurang dari satu tahun dihitung sebesar 2% dari angka kredit PKG. Misalnya menjadi pengawas penilai dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, membimbing siswa dalam kegiaatan ekstrakurikuler, dan sebagainya.

Pada unsur Pengembangan Diri, maka cara memasukkan angka kreditnya disesuaikan dengan jumlah jam pelatihan yang ada di sertifikat. Jumlah jam pelatihan sebanyak 30-80 jam, maka angka kredit yang diperoleh 1. Jumlah jam pelatihan sebanyak 81-180 jam, maka angka kreditnya sebesar 2. Jumlah jam pelatihan sebanyak 181-480 maka angka kreditnya sebesar 3 dan seterusnya.

Sub-unsur kegiatan Melaksanakan Publikasi Ilmiah terdiri dari kegiatan presentasi di forum ilmiah, melaksanakan publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal, melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman Guru. Besaran angka kredit setiap butirnya berbeda-beda.

Sub unsur Melaksanakan karya inovatif terdiri dari kegiatan menemukan teknologi tepat guna, Menemukan/menciptakan karya seni, Membuat/modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum, Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal dan sejenisnya. Besaran angka kredit setiap butirnya berbeda-beda.

Permasalahan yang kadang timbul adalah guru masih bingung dengan jenis publikasi ilmiahnya ataupun karya inovatifnya sehingga mereka tidak tahu berapa angka kredit yang benar. Contohnya, sertifikat pengembangan diri yang tidak ditulis jamnya tetapi hanya jumlah harinya. Guru kurang paham ketentuan jumlah jam dalam satu harinya. Contoh lain adalah artikel yang dimuat di jurnal. Guru juga masih kurang paham apakah jurnal tersebut tingkat kab/kota, provinsi, atau nasional. Demikian pula buku yang ditulis bersama, penulisnya melebihi empat orang, maka penulis urutan ke-5 dan seterusnya tidak memperoleh angka kredit.

Selain permasalahan di atas, permasalahan lain adalah berkas yang dikumpulkan guru kadang bukan termasuk unsur/butir yang dapat dinilai dan memperoleh angka kredit. Contoh, menjadi panitia kegiatan di sekolah, menjadi pengurus koperasi, membimbing mahasiswa praktik dari Perguruan Tinggi, dan sebagainya.

Permasalahan-permasalahan tersebut, sebenarnya tidak perlu terjadi karena secara terperinci di dalam DUPAK sudah diuraikan unsur/butir/item kegiatan yang dapat dinilai dan memperoleh angka kredit. Guru tidak perlu mengada-adakan berkas yang ternyata bukan termasuk unsur yang dapat dinilai. Selain itu, hendaknya guru mengusulkan sesuai kebutuhan angka kreditnya sehingga ia tidak merasa keberatan untuk membuat bukti fisik/karya. Namun, terkadang guru sengaja melebih-lebihkan usulannya karena khawatir kalau sedikit yang diusulkan tidak lolos. Padahal, yang terpenting adalah karya itu dibuat sesuai dengan aturan dan pedoman pasti lolos. Aamiin

#tantanganGurusiana

Tantangan hari ke-59

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

link onlinenya mana?

14 Mar
Balas

email Bapak. Nanti saya kirim lewat email

15 Mar

bisa minta tolong dishare mbak! ini email saya [email protected]

11 Nov

Bu mohon bantuannya untuk link dupak nya nggih ke email [email protected]

23 Mar

Bisa. Tapi bagaimana membaginya di sini ya. Messenger saya saja ya..

14 Mar
Balas

assalamu'alaikum..bu bs mnt contoh format dupak yg sdh jadi? Email [email protected]

03 Nov

Assalamualaikum.. Saya jg bu mau minta contoh format dupak yg sdh jdEmail [email protected]

30 Dec

mohon kirim link aplikasinya ke [email protected]

28 Oct
Balas

Terima kasih Bu. Sangat bermanfaat

13 Mar
Balas

Sama sama Bu Susmintari..

13 Mar

Belum paham Bu, untuk apa dupak

14 Mar
Balas

Dafatar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) isinya adalah kegiatan yang kita laksanakan yang memeproleh angka kredit, yang kita ajukan untuk memperolah Surat PAK sebagai syarat mengajukan kenaikan pangkat

15 Mar

Dafatar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) isinya adalah kegiatan yang kita laksanakan yang memeproleh angka kredit, yang kita ajukan untuk memperolah Surat PAK sebagai syarat mengajukan kenaikan pangkat

15 Mar

Ayo naik pangkat, tapi malas buat lampiran Dupak

13 Mar
Balas

Jangan ditunda Bu nanti berkasnya tambah banyak lo. Ayo, semangaat...

13 Mar

BAGUS BU

14 Mar
Balas

Terima kasih Bu..

15 Mar

Makasih ilmunya bu

13 Mar
Balas

Sama sama dinda

13 Mar

Terima kasih ilmunya bu. Sangat nermanfaat..

02 Apr
Balas

Assalamualaikum buk...mohon juga dikirim ke email saya : [email protected] kasih

23 Mar
Balas

Terimakasih ilmunya bu

13 Mar
Balas

Sama sama Bu

13 Mar

Maturnuwun ilmunya Bu Riful

13 Mar
Balas

Sama sama Bu Nisa

13 Mar

Jazakillah MB Riful saya bisa minta filex bu.?? Soalx mau persiapan usulan naik pangkat. Ini alamat emailku [email protected] sebelumnya mb Riful

14 Mar
Balas

Sudah saya email Bu

15 Mar

mantap bunda. sangat membantu. sayangnya guru suka ambil jalan pintas. padahal sederhana saja. mksh Bunda.

15 Mar
Balas

Alhamdulillaah Bu. Semoga kita menjalankan sesuai aturan saja ya Bu. Semangaat

15 Mar

Terima kasih infonya Bu..

13 Mar
Balas

Sama sama yaaa

13 Mar

Pas banget tulisan Bu Riful, lagi waktunya mengusulkan DUPAK skrg Bu... Mantul dech...

14 Mar
Balas

Terima kasih Bu.. Semoga sukses. Aamiin

14 Mar

Ilmunya sangat bermanfaat bu riful, tapi saya belum paham masalah dupak. Saya SPMT maret 2019 kemarin bu, apa saya juga harus mulai buat dupak? Mohon infonya?

14 Mar
Balas

Nanti ketika akan mengurus SK PNS nya Ibu akan mengurus DUPAK untuk pengusulan PAK pertama

15 Mar

AlhamdulillahBertambah ilmu lagiMaakasih bu

15 Mar
Balas

Sama sama

15 Mar

terimakasih ilmunya bu Riful...

14 Mar
Balas

Sama sama Bu

15 Mar

Makasih buk..

13 Mar
Balas

Sama sama yaa..

13 Mar

Terima kasih buk.. Sangat membantu.. Bolehkah saya mita aplikasi dupaknya buk? Lewat WA bisa buk.. Ni nomor WA saya...sebelumnya terima kasih bu..

21 Mar
Balas

Ni nomor WA saya buk. 085275962675

21 Mar
Balas

Terimakasih Bu ilmunya. Dimana dan bagaimna ya Bu kita bisa mendapatkan aplikasi DUPAK?

15 Mar
Balas

Kirim alamat email nanti saya kirimi Bu

15 Mar

Widiiiiiiih, saya pernah sampai 7 THN ga naek2 pangkat

13 Mar
Balas

Yuuuk, naik pangkat. Semangaat

13 Mar

Terima kasih infonya Ibu.

13 Mar
Balas

Sama sama Bu Susi..

13 Mar

Bagi dong aplikasinya Bu.. Hehehehe.. Lewat wa boleh Bu...

15 Mar
Balas

No WA nya berapa Bu?

16 Mar

Terimakasih, tak cobane ...

13 Mar
Balas

Ok

13 Mar

Semangaat

13 Mar

Bisa dibagi contoh format pengisian dupak?

14 Mar
Balas

Bisa. Tapi bagaimana mengirimnya di sini. Lewat messenger saja ya

14 Mar

untuk DUPAK ini dibuatnya per berapa tahun ya? apa dibuat tiap tahun?

09 Apr
Balas

Bu, sy baru pertama kali mw buat dupak. Boleh dikasih contohnya bu? Dlm bentuk ecxel klo boleh. Makasih

01 May
Balas

Bole minta softcopy DUPAK terbaru sesuai dengan permenpan terbaru bu? Saya baru mau belajar DUPAK meskipun belum memiliki fungsional.Soalnya sekarang angka kredit fungsional sudah berubah dengan menggunkan range angka kredit minimal dan maksimal.Terimakasih atas bantuan [email protected]

13 May
Balas

maaf bu tolong kirim file dan contohnya ke [email protected], terimaksih

13 May
Balas

Mau tanya terkait artikel di jurnal ilmiah. jika jurnal tersebut tingkat nasional apa buktinya? Dan jika jurnal tersebut tidak ada versi cetaknya (hanya versi online) apakah bisa diterima?

24 May
Balas

mhon tolong kirim contoh filenya bu [email protected]

04 Jun
Balas

Mohon saya minta file nya di kirimkan ke email saya [email protected]

07 Jun
Balas

Bisa kirim file dupak tdk bu ke email [email protected]

16 Jun
Balas

Bu. Sy CPNS TMT Februari 2019. Izin bertanya. Kapan sy bisa mengajukan PAK pertama kali Bu ? Apakah sudah bisa melampirkan poin Pengembangan diri dan Publikasi Ilmiah (diktat dan buku pedoman guru) ?

22 Jun
Balas

bisa di email bu filenyaa,,,???terima kasih sebelumnya, semoga berkah [email protected]

23 Jun
Balas

boleh minta aplikasi dupaknya ke [email protected]. terima kasih banyak

14 Mar
Balas

Bu, bisa kirim file DUPAK nya ke email [email protected]...

27 Jun
Balas

Sangat membantu bu,

27 Jun
Balas

Selamat malam ibu, saya mau bertanya SK CPNS TMT 01 Maret 2019, SK PNS TMT 01 Maret 2020, nah sekarang diminta unutk pengusulan DUPAK pertama kali gur dalam jabatan fungsional.. Apakah sudah bisa mengusulkan ijazah S2 yg saya miliki sebelum diangkat sbgai CPNS? (saya sdh mendapatka Surt Tand Lapor memiiki ijazah dari BKD)...kalaupun belum, kpn bisa saya usulkan dlm angka kredit DUPAK? terimakasih

03 Aug
Balas

Adakah yg berkenan membsgi apk Dupak utk sy

14 Aug
Balas

sangat bermanfaat, bisa tolong kirim ke mail saya [email protected]

03 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

Terima kasih informasinya Bu....Bolehkah berbagi format dupak yang terbaru buk???Sangat berharap sekali bantuan ibu....Email saya: [email protected] kasih kembali Bu....

16 Sep
Balas

terimakasi banyak atas ilmunya bu, mohon ma'af kirim link onlinenya bu

05 Oct
Balas

Terimakasih atas informasinya, boleh minta file nya Bu, dan link online nya

15 Oct
Balas

Terimakasih ibu untuk ilmunya...Kalo boleh minta yoloto bagi contoh dan aplikasinya [email protected].....

20 Oct
Balas

Sangat bagus artikelnye bu.Terimakasih sudah menambah ilmu kami.minta tolong kirimin file sama link onlinenya buk.terimakasih banyak sebelumnya buk.email saya [email protected]

07 Nov
Balas

Selamat pagi bu..perkenalkan saya dari NTT bu..nama Maria Florentina Longa..Bu..bisa kirim aplikasi dupak keemail [email protected] kasih bu..

11 Nov
Balas

Assalamualaikum.Salam kenal Bu, saya Afrina RamadhaniBisa kirim aplikasi dupak ke [email protected] kasih bu

21 Nov
Balas

Mbk sy juga minta tolong kirim contoh dupak [email protected]

19 Jan
Balas

Mbk sy juga minta tolong kirim contoh dupak [email protected]

19 Jan
Balas

Assalamu'alaikum, bu. Saya mau juga bu contoh dupak yang sudah jadi.Email saya [email protected] khairan katsiran.

03 Feb
Balas

Assalamualaikum bu. Mau tanya bun apakah membuat dupak tiap tahun. Karena terakhir naik pangkat 2013 bu. sudah 4 kali kepasek. Boleh minta LINK nya buk email : [email protected] Jazakallahu khairan bu

23 Feb
Balas

seingat saya dupak bisa diajukan per tahun

04 Mar

mohon dikirim aplikasi dupaknya ke [email protected] kasih

04 Mar
Balas



search

New Post