Riful Hamidah

Sangat mencintai profesi sebagai guru dan termotivasi menjadi Guru Penulis. Saya yakin, guru penulis akan memiliki kesempatan yang lebih banyak menjadi m...

Selengkapnya
Navigasi Web
Persiapan Pengajar Praktik pada Saat Pendampingan Individu Ke-1

Persiapan Pengajar Praktik pada Saat Pendampingan Individu Ke-1

Salah satu tugas Pengajar Praktik dalam Pendidikan Guru Penggerak adalah melaksanakan pendampingan individu Calon Guru Penggerak. Tentu harapannya pendampingan ini berjalan dengan lancar dan efektif sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk itu Pengajar Praktik harus mengikuti Modul Panduan melaksanakan kegiatan Pendampingan Individu.

Di buku panduan telah disediakan skenario pendampingan yang bisa diikuti oleh Pengajar Praktik. Namun, sebelum proses pendampingan, hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan oleh Pengajar Praktik adalah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, mulai dari penentuan jadwal maupun persiapan administrasi.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan Pengajar Praktik saat Menyiapkan Pendampingan Individu CGP:

1. Menentukan jadual Pendampingan

Penentuan jadual pendampingan ini sangatlah penting. Pengajar Praktik harus mengomunikasikannya dengan para CGP. Biasanya jadwal pendampingan individu ke-1 dilaksanakan selama satu minggu sebelum pelaksanaan lokakarya ke-1 dan setiap Pengajar Praktik memiliki 5-7 CGP. Tentu ini harus diatur dengan sebaik-baiknya karena jika jumlah CGP-nya 6-7 maka sehari ada dua pendampingan. Selain itu CGP harus berkoordinasi dengan Kepala Sekolah terkait penentuan jadwal pendampingan dan disampaikan kepada Pengajar Praktik.

Durasi pendampingan setiap CGP berlangsung selama 4 x @45 menit atau 180 menit (3 jam). Misalnya pendmapingan dilaksanakan pada pukul 08.00 wib maka akan berakhir pada pukul 11.00 wib. Nah jika sehari ada dua pendampingan CGP maka bisa diatur pendampingan pada CGP yang kedua dilaksanakan pada pukul 12.30-15.30 wib.

2. Menginformasikan Dokumen yang disiapkan CGP

Agar pada saat pendampingan berjalan dengan lancar, Pengajar Praktik menginformasikan di awal sebelum pendampingan yaitu dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh CGP. Pada pendampingan ke-1 ini dokumen yang harus disiapkan CGP sesuai dengan fokus pendmapingan yaitu refleksi CGP di modul 1.1 dan modul 1.2, peta posisi diri, rencana pengembangan diri, dan kerangka portofolio digital.

3. Menyiapkan skenario Pendampingan

Skeanrio Pendampingan ke-1 telah ada di modul panduan maupun di LMS Pengajar Praktik. Ada tiga sesi pendampingan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan Penutup. Di dalam skenario telah sangat jelas tahapan yang harus dilakukan Pengajar Praktik termasuk pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan e=kepada CGP utntuk menggali informasi lebih lanjut. Pengajar Praktik sebaiknya mempelajari skenario tersebut dan melaksanakan proses pendampingan sesuai skenario sehingga pendampingannya nanti berjalan runtut dan sistematis.

4. Menyiapkan Surat Perintah Tugas dari atasan

Pengajar Praktik mendapatkan Surat Perintah Tugas Pendampingan dari Pejabat yang bersangkutan. Untuk guru jenjang Dikdas, Surat Perintah Tugas diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupatan/Kota setempat. sedangkan untuk jenjang SMA SMK dan SLB diterbitkan oleh Kepala Cabang Dinas setempat. Surat Tugas ini dibawa oleh PP saat pendampingan untuk ditunjukkan kepada Kepala Sekolah yang dikunjungi.

5. Menyiapkan SPPD sesuai dengan ketentuan BPGP

Format Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) ada di Lampiran Surat Perintah Tugas. Pengajar Praktik mencetaknya dan memintakan tanda tangan kepada Kepala Sekolah-nya jika Pengajar Praktiknya seorang guru. Sedangkan jika Pengajar Praktiknya seorang Kepala Sekolah maka yang menanda tangani SPPD adalah Kepala Dinas atau Kacabdin. SPPD ini dibawa saat pendampingan. Jangan lupa Pengajar Praktik memintakan tanda tangan SPPD kepada Kepala sekolah CGP yang dikunjungi.

6. Menyiapkan Daftar hadir sesuai dengan ketentuan BPGP

Dokumen yang tak kalah pentingnya yang harus disiapkan Pengajar Praktik adalah Daftar Hadir pendampingan. Formatnya ada di lampiran Surat Tugas. Pengajar Praktik melengkapi data yang ada di format dan mencetaknya. Daftar hadir dibawa saat pendmapingan dan dimintakan tanda tangan kepada CGP maupun Kepala Sekolah CGP.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan terperinci, isnyallah pelaksanaan kegiatan pendampingan akan berjalan dengan lancar, nyaman, dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Demikian Bapak Ibu semoga bermanfaat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang informatif, terima kasih Ibu

21 Nov
Balas

Terima kasih Bu Salamah

21 Nov

Luar biasa....

22 Nov
Balas

Pengalaman praktis yang luar biasa.

21 Nov
Balas

Pak Rochadi, terima kasih ya Pak...semoga sehat selalu

21 Nov

Tulisan yang sangat informatif

24 Nov
Balas

Luar biasa. Manfaatkan peluang. Saya sudah tidak layak lagi

21 Nov
Balas

Keren, semoga selalu sehat dan sukses

21 Nov
Balas

Mantap ulasannya. Semoga sehat dan sukses selalu untuk Bunda.

21 Nov
Balas



search

New Post