Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan
Profil Pendidikan adalah laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari Evaluasi Sistem Pendidikan yang digunakan sebagai landasan untuk peningkatan mutu layanan pendidikan dan penetapan Rapor Pendidikan. Rapor Pendidikan adalah indikator terpilih dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek yang digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh dari perbandingan nilai indikator antar tahun (akan ditampilkan mulai tahun 2023).
Profil Pendidikan
Profil Pendidikan merupakan laporan hasil evaluasi layanan pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Fungsinya adalah (1) single source of data sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan, (2) Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output), (3) Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal, (4) Profil pendidikan menjadi sumber data untuk perencanaan di tingkat satuan pendidikan dan perencanaan di tingkat pemerintah daerah, dan (5) Instrumen yang meringankan beban administrasi satuan pendidikan dengan mengurangi aplikasi beragam dalam proses evaluasi internal dan eksternal.
Sumber data Profil Pendidikan berasal dari Asesmen Nasional (AKM, Survei Karakter, & Survei Lingkungan Belajar), Dapodik, Platform Digital Guru dan Kepala Sekolah, Tracer Study SMK, Data GTK. BPS, dan lain-lain. Adapun dimensi-dimensinya antara lain: Dimensi A yaitu Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik, Dimensi B yaituPemerataan pendidikan yang bermutu, Dimensi C yaitu Kompetensi dan kinerja GTK, Dimensi D yaitu Mutu dan relevansi pembelajaran, dan Dimensi E yaitu Pengelolaan satuan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Tiap dimensi terdiri dari beberapa indikator level 1. Indikator level 1 terdiri dari beberapa indikator level 2, dan indikator level 2 terdiri dari beberapa indikator level 3. Beberapa indikator level 2 tidak memiliki indikator level 3, dan beberapa indikator level 1 tidak memiliki indikator level 2
Rapor Pendidikan
Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data adalah salah satu alat bantu bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk terus bersama memperbaiki kualitas layanan pendidikan. Rapor Pendidikan dan perencanaan berbasis data adalah perangkat dan cara untuk (1) Mengidentifikasi akar permasalahan, (2) Refleksi capaian pendidikan sejauh ini, dan (3) bahan diskusi secara konstruktif dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan untuk membenahi mutu pendidikan. Jadi bukan untuk (1) Menghukum dan mencari siapa yang salah, (2) Memeringkatkan satuan dan daerah, (3) Membanding-bandingkan pencapaian, dan (4) Menjadi tambahan beban dokumen administrasi yang tidak bermakna.
Rapor Pendidikan terdiri dari indikator-indikator yang merefleksikan delapan Standar Nasional Pendidikan dan mencakup area yang berkaitan dengan input, proses, dan output pembelajaran. Kualitas capaian pembelajaran siswa (Output) dilihat dari Dimensi A dan dimensi B. Kualitas Proses Belajar siswa (Output) dilihat dari Dimensi D. Sedangkan kualitas Sumber Daya Manusia dan Sekolah (Input) dilihat dari Dimensi C dan Dimensi E.
Sumber:Kemdikbudristek
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar