Rika Maria

Pendidik di MTsN 10 Tanah Datar Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Lanjutan-LangkahJalan keluar Mengatasi Bebas Nilai dalam Ilmu Pengetahuan.

Jalan keluar dari Bebas Nilai dalam ilmu pengetahuan dapat ditelusuri dengan dua cara berikut :

a. Context of Discovery

Menyangkut konteks dimana ilmu pengetahuan ditemukan. Bahwa ilmu pengetahuan tidak terjadi, ditemukan, dan berlangsung dalam kevakuman (kekosongan). Ilmu pengetahuan selalu ditemukan dan berkembang dalam konteks ruang dan waktu tertentu. Jadi ilmu pengetahuan tidak muncul secara mendadak begitu saja. Ada konteks tertentu yang melahirkannya. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa ilmu pengetahuan berkembang dalam konteks tertentu yang sekaligus sangat mempengaruhi nilai obyektifnya dan sejauh mana ia dapat mengungkapkan realitas (kebenaran).

Dengan begitu pada intinya ilmu pengetahuan lahir dikarenakan ada sebab sebab tertentu, mulai berawal dari pengalaman lalu terjadi sebab lalu dikembangkan menjadi sesuatu yang bernilai.

Dengan contoh sepeda yang dulunya tidak ada mensin nya sekarang menjadi ada mesin nya berawal dari kreativitas manusia dengan pandai mengembangkan sesuatu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bun. Salam literasi.

03 Feb
Balas



search

New Post