Keragaman Peserta Didik dan Penerapan UDL
Keragaman Peserta Didik dan Penerapan UDL
Oleh : Rima Widayati
#GBBPPSPPI
#PendidikanInsklusif
Keragaman peserta didik menjadi hal yang biasa saya hadapi di kelas. Setiap peserta didik memiliki ciri yang unik. Di antaranya kemampuan dan gaya belajar yang berbeda-beda. Masing-masing memilki keunikan tersendiri. Situasi ini telah mendorong saya untuk lebih cermat dalam memilih metode dan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar mereka.
Pernah salah satu peserta didik saya yang bernama Hadijah, setiap hari menangis dan bermasalah dengan rekan di kelasnya. Kemampuan belajar peserta didik tersebut juga rendah. Hasil tes dan tugasnya tidak mencapai hasil maksimal bahkan tidak mencapai 50%. Tetapi peserta didik ini tetap rajin masuk sekolah. Meskipun hampir semua teman kelasnya pernah bermasalah dengannya.
Saya terdorong untuk melakukan pendekatan yang cocok buat Hadijah. Dengan melakukan wawancara empat mata saya mencoba mengetahui permasalahan yang dihadapi Hadijah. Kelemahlembutan tutur kata yang saya gunakan membuat Hadijah berkata jujur tentang permasalahannya. Saya bersyukur dapat mengambil tindakan dan pendekatan yang dapat membantunya untuk meningkatkan kemampuan belajar gadis yang hampir remaja itu. Ternyata gadis ini memiliki gaya belajar lebih mudah melalui indra pendengarnya.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar