Rina Gustin Fajarwati

Sejak kecil ia hobi mencoret-coret buku, naluri yang haus akan ilmu pengetahuan membuatnya harus berjuang di toko buku Gramedia selama 3 tahun, hingga akhirnya ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Nusantara Kembali Berjaya Setelah Terpilih Menjadi Ibu Kota Negara Baru?

Apakah Nusantara Kembali Berjaya Setelah Terpilih Menjadi Ibu Kota Negara Baru?

Baru-baru ini Presiden Republik Indonesia bapak Jokowi mengumumkan nama untuk Ibu kota negara Republik Indonesia (RI) yang baru yaitu Nusantara. Setelah dari beberapa nama yang ingin diajukan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) terpilihlah nama tersebut. Jakarta, 17/1/2022 seperti dilansir oleh kompas.com

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak bapak Jokowi berencana memindahkan Ibu kota negara ke pulau kalimantan pada tahun 2019, sebenarnya itu menjadi suatu keputusan yang tepat setelah keberadaan ibu kota Jakarta seperti saat ini telah banyak terjadi banjir dimana-mana. Apalagi setelah memberi nama Ibu Kota Negara Indonesia yang baru yaitu Nusantara yang rencananya akan beroperasi mulai tahun 2024 setelah masa jabatan presiden Jokowi habis. Sungguh beliau adalah orang yang memiliki kecerdasan luar biasa.

Nama Nusantara sebenarnya sudah tidak asing bagi kita, sebab istilah itu pernah dipakai oleh kerjaan Majapahit pada abad 13 silam melalui Sumpah Palapa dari patih Gajah Mada. Bahwa ia tidak akan menghentikan puasanya sebelum bisa menaklukkan Nusantara.

Istilah Nusantara sendiri diambil dari bahasa Jawa Kuno yaitu Nusa yang artinya "Pulau" dan Antara artinya "luar". Sedikit mengulang sejarah bahwa Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Gajah Mada itu berpusat dipulau jawa dan pada saat itulah kepemimpinan gajah mada mampu menguasai pulau-pulau disekelilingnya seperti bali, madura, sumatra, kalimantan, malaysia, brunai dan hampir seluruh asia tenggara yang disebut Nusantara.

Kini nama itu telah kembali dan apakah akan berjaya seperti sebelumnya? Sebetulnya bapak Jokowi memiliki ilmu spiritulitas yang baik dalam hal ini. Sebab nama tersebut juga sudah digadang-gadang akan menjadi nama baru Negara Indonesia oleh para ahli Spiritual di Indonesia Khususnya orang jawa yang masih memegang teguh adat budaya Jawa. Mereka pun mengatakan bahwa Nusantara akan kembali berjaya seperti pada masa kerajaan Majapahit sebelumnya.

Semoga apa yang diharapkan oleh kita semua dapat terwujud sesuai kenyataan. Dan Nusantara menjadi salah satu negara yang mampu menjadi negara Adidaya. Allahualam bishowab..

RG, 19/1/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post