RINA NURHAYATI

Saya lahir dari desa yang ada di Kabupaten Grobogan. Saya adalah seorang guru BK, menyukai dunia pendidikan dari kecil dan bercita-cita menjadi guru dari k...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Efektif

Belajar Efektif

Menilai Hasil Belajar Diri Sendiri

Hasil penilaian tengah semester sudah diterima, bagaimana perasaan kalian?Sudahkah puas dengan hasilnya?

Nilai yang tertuang dilembar laporan penilaian tengah semester adalah bentuk hasil belajar kalian selama duduk dibangku sekolah menengah pertama selama 3 bulan ini. Dari hasil yang didapat kalian pasti tahu sejauhmana kemampuan kalian menangkap materi pelajaran. Kalian harus belajar jujur kepada diri sendiri, bahwa memang benar materi tertentu belum mampu dikuasai.

Semua belum terlambat, masih ada waktu untuk memperbaikinya yaitu dengan cara lebih giat lagi membaca materi dari bab sebelumnya kemudian melakukan ujian dengan cara mengulangi mengerjakan soal-soal pada lembar kegiatan siswa atau browsing google. Kalian juga bisa mengulang materi dengan bantuan google kemudian merangkumnya dalam bentuk catatan.

Kenapa kalian harus melakukan ini semua? Jawabnya, karena proses belajar itu berurutan atau bertahap-tahap. Jika saat ini kalian tidak menguasai materi yang sebelumnya maka bisa dipastikan kalian nanti belajar materi selanjutnya mengalami kesulitan menyerap pengetahuan yang berakibat nilai kalian semakin buruk.

Memiliki nilai bagus pasti impian kalian kan? Orangtua akan bangga dengan kalian bahwa kalian memiliki nilai bagus. Syukur-syukur bisa mendapat peringkat terbaik dikelas. Orangtua tahu bahwa kalian memiliki tanggungjawab. Memiliki nilai bagus itu bukti bahwa kalian sudah belajar tanggungjawab terhadap segala fasilitas yang diberikan kepada kalian.

Bagaimana cara menilai kemampuan diri sendiri dan meningkatkan nilai belajar?Yuk simak cara dibawah ini:

1. Perhatikan KKM mata pelajaran tersebut. Mungkin sebelumnya kalian tidak tahu apa itu KKM. KKM adalah kriteria ketuntasan minimal yang harus kalian capai yang artinya nilai kalian harus lebih dari KKM yang telah ditentukan.

Contoh : Ayu mendapatkan nilai 67 pada mata pelajaran Matematika, Dewi mendapatkan nilai 78 dan Doni mendapatkan nilai 72. Jika pada mata pelajaran tersebut diketahui KKM nya adalah 72 maka dari ketiga siswa tersebut yang lulus KKM adalah Dewi dan Doni. Ayu harus lebih semangat lagi menguasai materi sebelumnya jika tidak Ayu akan kesulitan belajar materi bab selanjutnya.

2. Jujur katakan pada diri kalian. Benar tidak bahwa kalian kesulitan menguasai materi apalagi kondisi belajarnya masih secara daring. Kalian bisa aktif bertanya kepada bapak/ibu guru yang mengajar jika mengalami kesulitan dan pastinya jika bertanya harus dengan cara sopan dan ingat waktu.

3. Catat hasil PTS kalian. Nilai apa saja yang mendekati KKM jadikan motivasi untuk meningkatkan dan nilai yang tinggi bisa dipertahankan.

4. Buat jadwal belajar pribadi, sedikit demi sedikit jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. Jadikan kegiatan belajar bukan suatu yang membebani sehingga belajar menyenangkan akan lebih mudah diserap materinya dan pastinya tetap menjaga kesehatan tubuh kalian.

6. Saat istirahat gunakan untuk istirahat. Disiplin waktu penting sekali.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menarik ceritanya bu,sangat bermanfaat

21 Oct
Balas

Lengkap ulasannya, teruslah berbagi

21 Oct
Balas



search

New Post