Rina Oktavani

Dilahirkan di negeri sejuta pesona tepatnya Kabupaten Pesisir Selatan. Tepatnya di sebuah kampung kecil nan memesona yaitu Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir....

Selengkapnya
Navigasi Web

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Oleh:

Rina Oktavani, CGP Angkatan 4 Kabupaten Pesisir Selatan

Pada tahap ini para calon CGP diminta untuk membuat Demonstrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran setelah mempelajari modul 3.1. Demonstrasi Kontekstual kali ini dalam bentuk Jurnal Monolog yaitu menjawab 4 buah pertanyaan di antaranya:

1. Bagaimana nanti Anda akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di Program Guru Penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Jawaban:

Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk mentransfer dan menerapkan ilmu yang sudah saya dapat dari Program Guru Penggerak ini adalah:

a. Meminta dukungan dan izin pihak sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pihak terkait lainnya yang ada di sekolah untuk menyosialisasikan dan memfasilitasi terhadap program yang akan dijalankan di sekolah.

b. Setelah mendapat dukungan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pihak terkait lainnya, saya akan segera mengimbaskan semua ilmu yang sudah diperoleh dari Program Guru Penggerak ini mulai dari modul 1 sampai modul 3 terutama pada rekan sejawat. Contoh pengimbasan/sosialisasi yang sudah dilakukan adalah pengimbasan Budaya Positif kepada rekan sejawat, pembentukan komunitas praktisi dimulai dari kelompok kecil terlebih dahulu yaitu Komunitas Praktisi Kelompok Kerja Guru (KKG) yang hanya melibatkan guru yang mengampu mata pelajaran yang sama. Misalnya KKG Bahasa Indonesia, KKG Matematika, KKG Seni Budaya, dan mata pelajaran lainnya. Semoga Komunitas Praktisi ini berjalan berkesinambungan dan tidak berhenti bila perlu ditambah dengan lingkup yang lebih besar lagi di antaranya melibatkan rekan sejawat dari sekolah yang berbeda.

c. Saya akan berbagi ilmu dengan rekan sejawat yang ada pada komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat kabupaten Pesisir Selatan. Dalam jangka waktu yang tidak lama, ingin juga mengimbaskannya pada rekan sejawat MGMP tingkat provinsi Sumatra Barat. Tentunya berkolaborasi terlebih dahulu dengan rekan sesama Calon Guru Penggerak (CGP).

d. Menerapkan langsung dalam proses pembelajaran di kelas bersama murid, lingkungan sekolah, terutama dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

e. Berusaha menjalin kerjasama yang baik dengan rekan sejawat di sekolah agar juga dapat menularkan ilmu yang didapat kepada murid-murid di kelas.

2. Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemmpin pembelajaran?

Jawaban:

Langkah-langkah tersebut sebagai berikut:

a. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan, apakah termasuk ke dalam Dilema Etika atau Bujukan Moral?

b. Menentukan siapa-saiapa saja yang terlibat dalam masalah tersebut.

c. Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi.

d. Pengujian benar atau salah yang terdiri atas Uji Legal, Uji Regulasi, Uji Intuisi, Uji Publikasi, dan Uji Panutan/Idola.

Ada 4 paradigma yang harus kita cermati, termasuk paradigma yang manakah masalah yang sedang kita hadapi agar situasi yang kita hadapi tersebut benar-benar mempertentangkan dua nilai-nilai inti kebajikan yang sama-sama penting:

(1). Individu lawan masyarakat

(2). Rasa keadlian lawan rasa kasihan

(3).Kebenaran lawan kesetiaan.

(4). Jangka pendek lawan jangka panjang.

e. Melakukan Prinsip Resolusi

Ada 3 prinsip penyelesaian dilema:

(1). Berpikir Berbasis Hasil Akhir (End-Based Thinking)

(2). Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thingking)

(3). Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thingking)

f. Investigasi Opsi Trilemma

Dari permasalahan yang kita hadapi belum tentu terdapat 1 dilema, bisa jadi lebih. Terkadang akan muncul sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya.

g. Buat Keputusan

Ketika sampai pada akhir masalah, kita membuat keputusan yang membutuhkan keberanian secara moral untuk menentukannya.

h. Lihat Lagi Keputusan dan Refleksi

Kita harus mengkaji kembali keputusan yang sudah kita ambil dan lakukan refleksi sebagai pembelajaran untuk dijadikan referensi terhadap masalah-masalah lainnya.

3. Mulai kapan Anda akan Menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Mulai hari ini setelah saya memahami semua konsep dari pengambilan keputusan, 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah, maka saya langsung menerapkannya dalam kehidupan di sekolah, dan kehidupan bermasyarakat. Baik itu yang terjadi pada murid mapun rekan sejawat.

4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman disuksi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif?

a. Kepala Sekolah, tempat meminta saran dan dukungan.

b. Rekan Sejawat/Sesama CGP.

c. Orang lain yang tak terduga untuk memecahkan sebuah masalah.

Sekian paparan Jurnal Monolog ini. Semoga ada manfaatnya bagi semua pembaca. Kritik dan Saran selalu diharapkan dari pembaca yang budiman. Terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sama-sama bapak..mkasih juga atas komennya Pak

24 Apr
Balas

Terima kasih atas ulasannya. Baarakallaahu fiik ibu Rina Oktavani

20 Apr
Balas



search

New Post