Rina Sofiyani

Nama saya Rina Sofiyani dan biasa dipanggil dengan panggilan Rina. Terlahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara. Bapak dan ibu merupakan warga masyarakat ped...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pilih Munthu Model Apa ya?

Pilih Munthu Model Apa ya?

Nguleg sambal butuh peralatan. Kalau di tempatku namanya cuwek dan munthu. Cuwek dan munthu berasal dari batu yang dipahat sedemikian rupa sehingga bernilai guna dalam urusan nguleg menguleg. Kalau ditempat anda namanya apa ya?

Cuwek merupakan tempar untuk alas menguleg. Sedangkan munthu merupakan alat yang digunakan untuk menghaluskan berbagai bumbu dapur. Seperti menguleg sambal, kacang dan berbagai bumbu lainnya.

Ada dua model munthu yang sudah kutemui. Pertama munthu yang model nya berbentuk angka 6. Model munthu ini memiliki pegangan di bagian atas. Sehingga terdapat jarak antara tangan dan bahan yang dihaluskan. Model kedua yaitu munthu tanpan pegangan. Hanya seperti sebuah bulatan batu yang halus. Tidak ada jarak antara tangan dan bumbu seperti model pertama. Cara memakainya yaitu dengan tangan mencengkeram saat menguleg bahan.

Munthu model kedua atau model tanpa pegangan banyak kutemui saat aku berada di Jambi. Disana kulihat sebagian orang memakai munthu seperti ini. Kata mereka munthu model tanpa pegangan membuat hasil ulegan menjadi lebih halusm karena tenaga tangan langsung tersalurkan.

Pernah kucoba memakai munthu model ini. Oleh karena terbiasa menggunakan munthu yang ada pegangan, aku mengalami kesulitan. Bahan yang diuleg mengenai punggung jari tanganku. Khawatir juga saat menghaluskan cabe. Kalau terkena tangan otomatis akan membuat tangan menjadi panas atau bahasa Jawa lomboken.

Berkali-kali mencoba belajar pakai munthu tanpa pegangan. Akan tetapi tetap belum berhasil juga. Jadi, saat itu mau tidak mau mencari munthu yang biasa dipakai yaitu munthu yang ada pegangannya. Kalau para pembaca memakai munthu yang model mana ya?

Magelang, 29 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimakasih sudah singgah. Iya satu nama lagi. Cowek=leyeh. Salam kenal

29 May
Balas

Trimakasih sudah singgah. Iya satu nama lagi. Cowek=leyeh. Salam kenal

29 May
Balas

Pegangannnn.... Kalau yang tanpa pegangan rasanya tak memegang sama sekali...

29 May
Balas

Hehehe.. iya bund.kalau saya tangannya kena sambal jadinya.. trimakasih sudah mampir disini

29 May

Hehehe.. iya bund.kalau saya tangannya kena sambal jadinya.. trimakasih sudah mampir disini

29 May

Hehehe.. iya bund.kalau saya tangannya kena sambal jadinya.. trimakasih sudah mampir disini

29 May

Di daerahku namanya batu lado bun... model tanpa pegangan.... mantap ide tulisanya..

29 May
Balas

Sudah ahli ya bu. Trimakasih sudah singgah disini

29 May

Namanya layah bukIbu kreatif sekaliSalam.kenal

29 May
Balas

Iya bun. Sama. Di tempat saya ada juga yang menyebut layah atau leyeh

29 May



search

New Post