Rini waraswati

Aku adalah asli Wong Mbatu... yang lahir pada tanggal 31 oktober. Ibu dari 3 anak yang bekerja sebagai guru matematika di MAN Batu Saat ini ingin terus belajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
'DUO EMAK'
#Tantangan Hari Ke-9

'DUO EMAK'

Entah apa yang kupikirkan, tiba-tiba terbersit ingin menuliskan sedikit cerita tentang Emak. Emak seseorang yang menginspiratif, dengan berbagai latar belakangnya. Emak Ros dan Emak Pir adalah duo emak yang selalu ada dihati para warga madrasah , terutama siswa.

Di saat mengikuti pelajaran perut keroncongan, pasti siswa inget emak. Di jam kosong, pasti pingin ke emak, habis olahraga pingin santai di kursi emak, alumni datang, yang dituju paling awal adalah emak. Bapak/ ibu guru tidak sempat bawa bekal, larinya juga ke emak. Memang siapa emak ini?

Emak adalah dua bersaudara. Beliau berdua yang berjualan di kantin madrasah. Menyediakan nasi beberapa menu dan gorengan ala2 jajanan sekarang. Tiap hari jam 6 pagi sudah berbenah di kantinnya siap memberikan pelayan. Saat istirahat tiba, kantin milik emak ramainya luar biasa. Semua pingin cepat menghilangkan rasa laparnya. Ciri khasnya emak dalam memberikan pelayanan adalah sabar, telaten sehingga siswa senang. Belum lagi kalau ngasih bonus tempe goreng ato jajanan yang lain, pokoknya kayak nggak mikir bakalan jadi rugi.

Pernah suatu saat aku tanya, memangnya emak gak rugi ngasih bonus anak2. Jawabannya singkat, Ndak papa nolong anak2 yang terkadang tidak punya uang aku, semoga dagangan ini berkah. Hanya itu saja alasannya. Simpel, tapi mengena.

Sudah bertahun-tahun emak berjualan di madrasah. Tapi memang, dengan banyak menolong siswa , emak merasa hidupnya berkah. Hidup tenang meski hasilnya cukup hanya untuk beberapa hari ke depan.

Suatu ketika, seluruh warga Madrasah dibuat tercengang oleh berita bahwa emak hari ini umroh. Tidak berjualan untuk beberapa hari ke depan. Masya Allah, saat itu gurupun ikut tersentak. Darimana uangnya untuk membiayai umrah. Dengan sedikit cerita emak bilang, ini uang umroh dari hasil jualan di madrash. Sedikit demi sedikit di tabung, dengan diniati untuk ibadah ke Baitullah. Dan akhirnya dengan keikhlasan emak, do'a dikabulkan oleh Allah.

Apa yang dilakukan emak menjadi cerita hidup yang bisa kita ambil hikmahnya, jika kita sabar, dan ikhlas imenolong orang tanpa pamrih apapun, maka barakahnya luar biasa.

#terimakasih emakku.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaa Allah Bu Renita..

03 Jul
Balas

Emakku memang pahlawan ku.. menolong di saat perut tanpa isi, menginspirasi karena lakunya...

04 Jul
Balas

Duo emak bs menginspirasi kita semua

04 Jul
Balas

Alhamdulillah berkah ya ibu,masyaAlloh emak semoga sehat selalu

04 Jul
Balas

Salam buat emak ya bu

03 Jul
Balas

subhanallaah.

04 Jul
Balas

Walaaah maak aku kangen, kapan covid 19 berlalu n hilang di bumi Indonesia.

04 Jul
Balas

Subhanallah..emak luar biasa..

04 Jul
Balas

Emaku pahlawanku

04 Jul
Balas

Duo emak yang menginspirasi, terimaksih bunda yg telah menceritakannya sehingga kami mengenal duo emak ini..

04 Jul
Balas

Mantap,

04 Jul
Balas



search

New Post