Rini Yuliati

Seorang ibu dari dua orang putri yang ingin belajar merangkai huruf sehingga menjadi bermakna. Tinggal di sebuah kota kecil di Kebumen, Jawa Tengah. Profesi mom...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ada Saatnya Bergandengan Tangan

Jika sepasang kekasih akan selalu bergandengan tangan, maka untuk hal yang satu ini tidak selalu demikian. Seringkali kita memaksa menggandengnya padahal dia harus dipisah. Memang ketentuan ini tidak ditulis dalam undang-undang yang pelakunya akan dihukum apabila tidak mematuhinya. Namun alangkah baiknya kita menyempurnakannya supaya lebih enak untuk dinikmati. Lho, ini membicarakan masalah apa sih. He he. Baiklah, supaya tidak penasaran saya akan mulai membahas satu per satu.

Perkenalkan namaku "pun." Nama yang sederhana Namun bila disandingkan dengan yang lain akan menjadi bermakna. Aku terbiasa berada di belakang. Kadang bergandengan tangan. Kadang harus berpisah. Itu adalah hal yang harus diperhatikan. Kadang ada yang memaksaku bergandengan padahal seharusnya dipisah. Oleh karena itu, aku akan memberitahukan beberapa hal berikut ini :

1. Aku harus bergandengan tangan ketika menjadi kata penghubung.

Contohnya :

Meskipun sibuk, dia dapat menemani putrinya mengerjakan PR.

Dia tetap bersemangat walaupun dalam kondisi sakit.

Adapun penyebab kecelakaan itu belum diketahui.

Bagaimanapun naskah itu harus selesai dalam satu bulan.

2. Saat aku tidak menjadi kata penghubung maka jangan coba-coba menggandengku. Aku harus ditulis terpisah.

Contoh :

Jika kita hendak pulang tengah malam pun, kendaraan masih tersedia.

Jangankan dua kali, satu kali pun engkau belum pernah berkunjung ke rumahku.

Itulah sekelumit cerita tentang "pun." Semoga bermanfaat.

Kebumen, 29 Desember 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus sekali, Bu Rini. Kenyataannya masih cukup banyak orang yang belum memahami hal ini.

29 Dec
Balas

Betul sekali Pak Edi....Banyak yang masih belum memahaminya....Hanya sekadar mengingatkan...Semoga ada yang membacanya....Sugeng ndalu Pak...

29 Dec

Wow, pembakaran yang mengasyikkan, tak terasa diajarkan. Kereeeen Budhe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

29 Dec
Balas

He..he...Saling mengingstkan saja Bunda Pipi...Supaya tidak lupa....Selamat malam dan selamat bocan alias bobo cantik..

29 Dec



search

New Post