RIRIN FATAYATI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MOTIFASI DARI FILOSOFI HONG IK IN GAN

MOTIFASI DARI FILOSOFI HONG IK IN GAN

Menurut dongeng sejarah Korea pada 3300 tahun yang lalu bahwa diatas langit ada kerajaan Dewa, yamg merupakan seorang anak yang bernama Ha nnu. Dia lebih suka bermain ke bumi, karena dia merasakan bahwa bumi lebih nyaman dari dari langit. Dia hidup dalam sebuah gua. Suatu hari datanglah Harimau dan beruang menemui Ha nnu, Ha nnu bertanya kalian mau minta apa? Beruang dan harimau menjawab bahwa mereka berdua ingin menjadi manusia. Setiap hari Ha nnu memberi makan seikat rumput dan bawang putih. Meskipun makanan tersebut tidak enak, beruang setiap hari dengan sabar makan rumput dan bawang tersebut, sedangkan macan tidak kuat dan tidak mau lagi untuk memakannya. Dua puluh hari kemudian, beruang berubah menjadi seorang perempuan, karena tetap bertahan untuk makan seikat rumput dan bawang putih setiap hari, sedangkan macan masih tetap menjadi binatang karena tidak bertahan atau tidak sanggup memakan makanan tersebut. Beruang yang sudah menjadi seorang perempuan minta kepada Ha nnu untuk menjadi permaisuri Ha nnu agar bisa memiliki keturunan dari Ha nnu. Ha nnu pergi ke ayahnya (Dewa) memohon ijin kepada Ayahandanya agar diperbolehkan menikahi beruang yang sudah berubah menjadi seorang wanita tersebut, dan sang ayahpun mengijinkannya.Akhirnya beruang berhasil menikah dengan Ha nnu dan memiliki anak. Dari cerita tersebut bisa disimpulkan bahwa manusia yang memiliki sifat sabar, selalu berusaha dan dengan sabar mau menjalani hal- hal yang sangat sulit, maka akan tercapai cita- cita yang diinginkannya. Sedangkan manusia yang sifatnya tidak tekun dan tidak sabar maka tidak akan berhasil, ataupun seandainya berhasil maka hasilnya tidak akan baik.Hal tersebut dijadikan pedoman atau filosofi oleh Bangsa Korea dengan sebutan "HONG IK IN GAN" Dari Filosofi HONG IK IN GAN" tersebut sangat memotivasi kami sebagai guru IPS, bahwa Kita sebagai makluk sosial harus mampu berbuat yang bermanfaat bagi sesama serta mampu untuk memanfaatkan dan menjaga alamdi sekitar kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post