Riscky Risgianti

Guru SMPN 2 Warungkondang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tugas 1.2.a.8 Koneksi Antar MateriNilai dan Peran Guru Penggerak

Tugas 1.2.a.8 Koneksi Antar MateriNilai dan Peran Guru Penggerak

Tugas 1.2.a.8 KONEKSI ANTAR MATERI

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

RISCKY RISGIANTI S,Pd

Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Cianjur

SMP Negeri 2 Warungkondang

Refleksi Pembelajaran Menggunakan 4P

1. Peristiwa

Pada Modul 1.1 hal yang paling memberikan pencerahan adalah Ketika saya mempelajari dan memahami mengenai filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. KHD mengatakan bahwa tugas guru adalah menuntun dan murid memiliki kodratnya masing-masing, jadi guru menuntun kodrat yang ada pada murid agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2

Pada modul 1.1 mempelajari mengenai folosofis pemikiran KHD yaitu guru menuntun kodrat yang ada pada murid agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Hal ini berkaitan dengan nilai yang ada pada modul 1.2 yaitu mengenai pembelajaran yang berpihak pada murid dan merupakan salah satu nilai guru penggerak.

2. Perasaan

Pada saat mempelajari modul 1.1, saya merasa malu dan Bahagia. Malu karena saya belum sepenuhnya menerapkan filosofi pemikiran KHD dalam pembelajaran yang selama ini saya lakukan terhadap murid yaitu pembelajaran yang berpusat pada murid. Ternyata pembelajaran yang berpusat pada murid itu lebih penting, guru bukan menuntut tetapi menuntun murid dalam pembelajaran. Senang karena saya mendapat kesempatan untuk lebih memahami dan mendalami filosofi pemikiran KHD agar dapat diterapkan di sekolah lebih maksimal.

3. Pembelajaran

Dalam melaksanakan tugas guru, masih banyak yang harus saya perbaiki seperti guru harus mampu mengenali dan memahami karakteristik murid karena mereka unik dengan kodratnya masing-masing, mampu menuntun murid untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, hal ini sebagai bentuk implementasi dari nilai dan peran guru penggerak untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila sesuai tujuan Pendidikan dan konsep merdeka belajar.

4. Penerapan

Beberapa upaya yang saya lakukan dalam menunjang pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi dan membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak, diantarnya : Melakukan pengenbangan diri melalui pelatihan di PMM, workshop, webinar, IHT, aktif di MGMP untuk menunjang kinerja sebagai pendidik, melakukan refleksi dan evaluasi dengan kepala sekolah, rekan guru dan murid dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya menjadi lebih baik. Melakukan kolaborasi dengan murid, rekan guru dan orangtua/wali murid dalam setiap kegiatan sekolah. Melakukan inovasi pembelajaran melalui pemanfaatan sarana prasarana di lingkungan sekolah dan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post