Risdawati. M.Pd

Guru di SMP Negeri 9 Rejang Lebong provinsi Bengkulu Bekerja dan berbuat karena Allah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
POTENSI KEIMANAN PADA MANUSIA 2
FOTO BY KOLEKSI PRIBADI

POTENSI KEIMANAN PADA MANUSIA 2

POTENSI KEIMANAN PADA MANUSIA 2

Setiap muslim (orang yang beragama Islam) baru dapat digolongkan dalam orang mukmin (orang beriman) jika memiliki 3 potensi keimanan secara bersamaan yaitu hati, lisan dan perbuatan. Dengan demikian ketiga potensi ini akan berkembang menjadi ilmu, iman dan amal. Manusia tidak bisa memilih diantara ketiganya karena jika salah satu dari unsur itu tidak kita miliki maka kita dapat digolongkan sebagai orang-orang yang munafiq.

3 jenis penggolongan munafiq:

1. Munafiq Qauli yaitu:

Orang yang hanya memiliki potensi keimanan di hati dan perbuatannya sehingga ia tidak pernah mengucapkan keimanannya atau bersahadat. Contoh munafiq Qauli adalah Abu Thalib

2. Mubafiq Amali yaitu:

Memiliki potensi keimanan di hati dan di lisannya namun tidak pernah diwujudkan dalam perbuatannya. Yang digolongkan dalam munafiq amali adalah Iblis dan Setan.

3. Munafiq I’tiqodi yaitu:

Orang yang memiliki potensi keimanan pada lisan dan perbuatannya namun dalam hatinya mengingkari potensi keimanan tersebut, orang-orang semacam ini disebut kafir..

Sedangkan untuk orang-orang yang memiliki ketiga potensi keimanan tersebut, maka mereka akan senantiasa istiqomah (teguh pendirian) di jalan Allah, mereka tidak merasa takut dalam keimanan mereka, seperti yang difirmankan Allah dalam surat Fusshilat ayat 30 “Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah. Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (dengan berkata). Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati, dan bergembiralah kamu dengan memperoleh surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

#TANTANGAN HARI KE 82

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu

19 May
Balas

Makasih bu

19 May

Semoga kita bukan termasuk golongan orang munafik yunda.... Semoga sehat selalu

16 May
Balas

Aamiin.... In Syaa Allah... dinda

16 May



search

New Post