Riska Irmawati

"Teruslah belajar, berusaha dan berdo'a jangan pernah putus asa. Selalu bersyukur atas segala nikmatNya." Lulusan S1 Pendidikan Matematika STKIP PG...

Selengkapnya
Navigasi Web
KALI KAJANG PENUH KENANGAN
Bubur Suro khas masyarakat Kali Kajang

KALI KAJANG PENUH KENANGAN

KALI KAJANG PENUH KENANGAN

Oleh : Riska Dwi Irmawati

Part 2

.

Alhamdulillah, aku melihat rombongan sahabat yang dijaga pasukan Ansor. Akupun segera menyusul mereka dengan melintasi jalan yang berliku dan bergelombang, berlumpur yang sudah mengering.

.

Akhirnya sampai juga di Dusun Kali Kajang Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo. Rombongan kami disambut dengan suka cita oleh warga sekitar. Lantunan ayat suci menggaung di hamparan tambak yang luas.

.

Seperti biasa pertemuan rutin kami, diawali dengan menghantam Al Qur'an dan istiqhosah. Asap ikan bakar mengepul disudut jalan setapak, sesaat setelah kita sampai disajikan Bubur Suro dengan lauk udang windu yang super besar. Ya, pertemuan rutin kami bertepatan dengan bulan Muharram yang orang Jawa menyebutnya bulan Suro.

.

Bubur Suro diambil dari kata 'Asyuro' dalam bahasa Arab berarti "sepuluh" yakni tanggal 10 bulan Muharram. Bubur suro adalah lambang rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah dan rizki yang diterima.

.

Sebelum acara inti dimulai kamipun mengarak bubur suro mengelilingi tambak yang terbentang disana dengan melantinjan sholawat Nariyah dan Lagi Yalal Wathon dengan penuh semangat. Sebesar semangat kami dalam berdakwa dimana pun dan kapanpun. Kondisi apapun kita datangi untuk menyebarkan dakwah menyebarkan agama Islam.

.

Selesai menghatamkan Al Qur'an dilanjutkan acara inti dengan dibacakan lantunan ayat suci Alquran oleh sahabay @nick dilanjutkan sambutan ketua PAC Fatayat NU Sidoarjo sahabat Anis Farichah sekaligus melantik Ketua baru Ranting Kali Kajang Fatayat NU.

.

Saat berkunjung di Kali Kajang, saat ini lah yang ditunggu-tunggu, kita semua disambut dan dijami dengan berbagai macam ikan yang ada di tambak Kali kAjang, ada ikan bakar, mujar, asam asam keting, kresekan mujaer, ikan bandeng, udang. Paket komplit menikmatinya di bawa h pohon mangroh yang ada di pinggir tambak, ditambah hembusan angin yang sepoi-sepoi menambah kenikmatan dan sangat terkenang. Kapan lagi menikmati makanan yang super ueeenak dengaj memandang view yang indah. MasyaAllah, maka nikmat mana yang kau distakan.

.

Alhamdulillah tidak menyesal bisa ikut hadir di pertemuan rutin @PAC kali ini. Perjalanan yang berliku-liku, bergelombang terbayar dengan kenikmatan yang disajikan. Matahari sudah mulai meningga, para sahabat sudah ditunggu kegiatan dirumah. Kami pun berpamitan pulang, tak lupa mereka memberikan oleh oleh buat kami.

.

Perjuangan kami tak seberapa dengan perjuangan mereka masyarakat Kali Kajang, setiap hari mereka harus melewati jalan yang berliku, bergelombang untuk sampai ke kota, untuk datang ke Diba' Kubro , untuk mengaji. MasyaAllah, mereka benar benar luar biasa. Semoga kami semakin semangat dalam berdakwah melalui organisasi FATAYAT NU. Tak bisan bosan untuk menebarkan agama Islam tang rahmatal lil alamiin.

Sisoarjo, 8 September 2023

Jumat, 22 Safar 1445

Day-2

.

#Salam Literasi

#pacfatayatnusidoarjo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post