RISMA DAMANIK

Guru adalah sebutan mulia ..yg memiliki makna yang dalam ...digugu dan ditiru...dalam segiala aspek...

Selengkapnya
Navigasi Web
UMPAMA
#Tantanganmenulisharike-69

UMPAMA

Umpama adalah Bahasa batak simalungun yang berarti “peribahasa”, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa mengandung arti kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya yang mengiaskan maksud tertentu misalnya berupa nasehat, menyampaikan emosi, rasa dan lain-lain.

Berikut beberapa umpama dalam bahasa daerah saya:

v Madabuh jarum hu na pot-pot, lang ididah mata tapi ididah uhur, maknanya walaupun tidak di katakan dengan kata-kata tetapi saling mengerti.

v Marsitungkol-tungkolan songon suhat I raboyan, artinya saling mendukung satu dengan yang lain.

v Marsiamin-aminan songon lambak ni galuh, artinya saling melindungi satu sama lain.

v Dohor pe partubuh, dohoran do parhundul, artinya walaupun kita memiliki saudara tetapi yang paling dekat dengan kita adalah yang bertetangga.

Sebagai catatan:

- Madabuh= jatuh

- Hu na pot-pot= ke tempat semak-semak

- Ididah = dilihat

- Uhur=hati Nurani

- Marsitungkol-tungkolan= saling mendukung

- Suhat= keladi

- Lambak ni galuh= pelepah pisang

#cintabudaya

#29juni2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Orh Batak keren. Salam.

28 Jun
Balas

haha..trks bunda

29 Jun

Mantap nai surat ni kk on. Asa hu cuba jo manurat songon on. Horas ma di hita saluhutnya, horas...horas...horas...

28 Jun
Balas

mantap kakak

29 Jun

Jadi tahu saya Bunda. Informatif sekali. Salam literasi, sukses selalu

28 Jun
Balas

hehe.trksh pak

29 Jun

Keren

28 Jun
Balas

trksh bu

29 Jun

Mantab Bu Risma...JD belajar BHS batak

28 Jun
Balas

trksh bu ermi

29 Jun

Terima kasih informasinya jd tambah pengetahuan kosa kata daerah

03 Jul
Balas

horas bah, jawabnya majuah-majuah, he he

29 Jun
Balas

haha

29 Jun



search

New Post