Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tren Musim Undangan Pernikahan  (844)
Koleksi

Tren Musim Undangan Pernikahan (844)

Tren Musim Undangan Pernikahan

Oleh Rismalasari

Setiap tahun, fenomena yang menarik perhatian masyarakat adalah lonjakan pesta pernikahan yang terjadi setelah bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Mengapa hal ini terjadi? Ada beberapa faktor yang bisa menjelaskan tren ini.

Pertama, tradisi. Pesta pernikahan merupakan bagian integral dari budaya di banyak masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Lebaran sering kali dianggap sebagai waktu yang tepat untuk merayakan hubungan yang baru, mengingat momentum kebersamaan keluarga dan teman-teman yang terjalin saat itu.

Kedua, aspek ekonomi. Banyak pasangan yang menunda pernikahan mereka hingga setelah bulan Ramadan karena pertimbangan finansial. Bulan Ramadan sering kali dihabiskan untuk menabung dan berbelanja untuk kebutuhan lebaran, sehingga pasangan yang ingin menikah mungkin menunda acara pernikahan mereka hingga setelah bulan suci itu berakhir.

Ketiga, tren modern. Semakin banyak pasangan yang memilih untuk menikah di usia yang lebih matang, setelah mereka stabil secara finansial dan memiliki karier yang mapan. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa pesta pernikahan pasca lebaran semakin marak, karena banyak pasangan yang menunggu waktu yang tepat untuk mengikat janji.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa fenomena ini juga mencerminkan adanya tekanan sosial. Terutama di kalangan masyarakat yang masih menjunjung tinggi tradisi, ada ekspektasi untuk menikah di usia yang relatif muda, dan menunda pernikahan bisa dianggap sebagai sesuatu yang kurang menguntungkan.

Dengan demikian, maraknya pesta pernikahan setelah lebaran adalah hasil dari kombinasi antara tradisi, faktor ekonomi, tren modern, dan tekanan sosial. Ini adalah fenomena yang menarik untuk diamati karena mencerminkan perubahan dalam nilai-nilai dan praktik sosial di masyarakat kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sehat selalu ya Bu Risma

22 Apr
Balas

Amin bu

22 Apr

Amin bu

22 Apr

Amin bu

22 Apr

Amin bu

22 Apr

Benar bun setiap hari selalu saja ada yang pesta

22 Apr
Balas

Ya bu, sampai ada 4 sehari

22 Apr

Habis lebaran, panen kondangan .... hehe...

22 Apr
Balas

Mantap ulasannya

22 Apr
Balas



search

New Post