Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Yuk  Simak Tips Berbicara dalam Forum Publik (446)
Koleksi

Yuk Simak Tips Berbicara dalam Forum Publik (446)

Yuk Simak Tips Berbicara dalam Forum Publik (446)

Oleh Rismalasari

Tips bagi seorang pembicara dalam forum resmi apapun butuh keterampilan publik speaking. Sekedar berbagi informasi tentang tips dan syarat agar sukses dalam menyampaikan materi adalah sebagai berikut:

1. Berbicara dengan manusia bukan dengan selain itu, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik

2. Memiliki tujuannya, setiap pembicara pasti memiliki tujuan dari event tersebut, untuk menghibur, menginformasikan sesuatu materi atau pun tujuan lainnya

3. Audien yg dihadapi juga harus diperhatikan, kalangan penonton itu dari usia berapa, homogen ataukah heterogen. Sehingga pembicara dapat menyesuaikan diksi yang akan digunakan dalam berkomunikasi

4. Metode dan strategi komunikasi juga penting agar pesan atau informasi bisa cepat sampai pada penonton ataupun hadirin lainnya. Metode dan strategi yang tepat akan menentukan keberhasilan dalam penyampaian informasi.

5. Mainkan intonasi juga menentukan keberhasilan dalam penyampaian informasi. Tinggi rendahnya suara, keras lembut nya bisa membawakan suasana yang berbeda.

6. Menguasai teknologi kekinian , misalnya bisa membuat powerpoint presentasi, ataupun bisa menggunakan up digital lainnya.

7. Jangan monoton harus bervariasi, penguasaan komunikasi sangat penting agar pendengar atau penonton tidak bosan. Jangan monoton jangan hanya berbicara, variasi kan dengan gerakan, visual lainnya.

8. Manfaatkan waktu dengan baik , dari awal hingga akhir pointer materi harus dikuasai singga pembicaraan bisa efektif dan efisien.

9. Power point atau ppt jangan hanya dibaca tapi sbg alat untuk menyampaikan materi dan informasi. Buat sebaik mungkin, tetapi tetap harus dinarasikam dalam bahasa lisan.

.

10. Jam terbang itu penting sebagai mengasah kemampuan dalam berorasi. Biasanya makin banyak jam terbang akan makin terasah dan menjadi modal dalam membawa acara atau materi lainnya.

Itulah tips dalam melakukan kegiatan berbicara di muka umum. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih admin

22 Mar
Balas



search

New Post