Risna Hayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ROTI JALA

ROTI JALA

Tiap daerah mempunyai ciri khas makanan masing-masing. Tiap makanan itu mempunyai ciri khas dan rasa istimewa bagi penikmatnya. Roti jala ini merupakann hidangan yang selalu disajikan pada tiap pelaksanaan acara adat seperti acara pernikahan, sunat rasul, akiqah, lamaran atau acara lainnya. Hidangan ini hukumnya wajib.

Roti jala adalah makanan khas dari malayu didaerah ku sumatera utara. Bagi orang melayu roti jala adalah salah satu makan yang sangat istimewa dan dinantikan pada saat-saat acara adat. Kelezatan hidangan ini tidak diragukan lagi, semua orang dari beragam usia menyukainya.

Sekarang roti jala selalu ada dimana-mana sebagai hidangan yang sangat populer. Bahkan sekarang menjadi hidangan bukan saja bagi suku melayu, namun sudah menjadi menu dan hidangan bagi suku lain juga. Artinya bahwa roti jala tidak lagi mutlak menjadi milik suku melayu.

Sepintas roti jala ini kelihatan sepele. Namun jika sudah merasakan kenikmatannya maka lidah tidak akan sanggup berbohong

Roti jala adalah makanan yang terdiri dari roti yang dibuat dari tepung roti atau tepung terigu. Tepung terigu tersebut dicampur dengan air, telur dan garam, adonan itu kemudian di tuangkan ke cetakan yang diolesi dengan sedikit minyak goreng dan dibentuk seperti jala, kemudian di panggang. Lembaran ini kemudian dilipat atau bisa juga di gulung yang bentuknya disesuaikan dengan bentuk yang kita inginkan.

Pelengkap roti jala selanjutnya adalah kari kambing yang dilengkapi dengan potongan kentang yang berbentuk dadu. Kari kambing ini dipakai sebagai kuah untuk makan roti jala itu.

Acar, adalah pelengkap yang ditaburkan diatas hidangan roti jala yang sudah di beri kari kambing. Acar ini terdiri dari buah timun, nenas, yang dipotog dadu kecil. Sebagai pelengkap acar ditambahkan potongan cabe merah dan irisan bawang merah., gula dan garam.

Bagi sebahagian orang yang mempunyai penyakit hipertensi dan tidak berani menikmati roti jala ini dengan kari kambing, biasa dagingnya boleh duganti dengan daging ayam. Atau minimal menikmatinya dengan tambahan gula putih. Ini tidak akan mengurangi kelezatan si roti jala.

Dimasa sekarang ini roti jala ini banyak dijumpai pada saat bulan ramadahan. Roti jala ini banyak dijual sebagai makan berbuka puasa atau sering disebut dengan takjil. Biasanya jika ada penjual makanan ini maka selalu banyak pengunjung dan pembelinya.

Apalagi bila sampai pada hari raya, banyak keluarga yang menyajikan makanan roti jala ini sebagai hidangan lebaran keluarga. Bahkan akan disajikan juga pada tamu yang datang berkunjung kerumahnya. Begitu istimewa hidangan ini

Tidak sedikit juga orang-orang yang mengambil kesempatan menerima tempahan khusus untuk membuat roti jala. Ini dikarenakan tidak semua orang bisa membuat roti jala ini dengan bentuknya yang unik. Itu sebabnya orang yang pandai membuat roti jala ini akan mendapatkan kesempatan baik untuk waktu-waktu tertentu. Tapi biasanya orang hanya menempah roti jalanya saja, karena pelengkap hidangan lainnya sudah pasti bisa dibuat sendiri

Itulah roti jala yang sangat nikmat dan menawan hati. Itu juga sebabnya jika seseorang yang sudah merantau lama jika pulang kampung akan merindukan makanan

 

istimewa ini.  

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post