RISNA MILAWATI

Panggilan ku Mila, aku seorang guru honorer di sebuah SMP Di Lubuk Basung, aku mengajar di sekolah dan di rumah aku menjadi seorang penjahit disela-sela waktu y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Fotografi
Dokumen Pribadi

Belajar Fotografi

Belajar Fotografi

Oleh : Risna Milawati

KONTRAS

Kontras terjadi bila dua atau lebih elemen yang berlawanan hadir dalam sebuah foto.

Foto yang mengandung unsur atau elemen kontras atau berlawanan akan terlihat indah. Yang dimaksud dengan kontras adalah adanya dua unsur atau elemen yang berlawanan di dalam satu foto, misalnya: terang-gelap, tekstur besar-tekstur kecil, kasar-halus, lurus-melengkung, ketajaman-kelembutan, besar-kecil, lama-baru atau warna yang berlawanan.

Mata manusia mengenal kontras dengan baik. Dan manusia dapat memahami keindahan dalam kontras. Tentu saja di dunia ini bila semua dibuat seragam tidak akan indah lagi.

Ilmu tentang Fotografi adalah ilmu baru bagi saya. Belajar fotografi ini saya ikuti melalui daring lewat group WA. Sebelumnya saya tidak tau tentang ilmu fotografi, karena rasa ingin tahu saya, maka saya ikuti kelas ini. Alhamdulillah dapat ilmu. InsyaAllah siap untuk diaplikasikan. Sebelum kontras ini sudah dibahas juga tentang siluet. Foto siluet. Ketika pembahasan siluet ini saya kebingungan. Karena kebanyakan fotonya gelap yang tampak seperti bayangan saja. Sedikit demi sedikit saya pelajari materinya Alhamdulillah saya bisa mengerti juga.

Dalam menulis apalagi nanti kalau sudah masuk ke majalah sudah banyak item yang bisa dimuat. Tidak terfokus saja dalam menulis cerpen, novel, puisi, tapi sudah ada tentang fotografi. Semakin banyak belajar semakin dangkal ilmu yang saya dapatkan, karena ilmu dalam kepenulisan ini ternya banyak sekali. Semenjak saya ikuti kelas menulis di majalah literasi Indonesia. Sehingga.saya merasa ketinggalan jauh, maka saya akan terus belajar dan mencari dimana kemampuan lain yang bisa saya kembangkan.

Alhamdulillah. Niat hati ikhlas terus belajar dan belajar mudahkan dan berkahi ilmu yang sudah saya pelajari dan dapat pula saya bagikan kepada yang lain. Nikmatnya ilmu terasa setelah ilmu itu kita bagikan kepada yang lain. Tidak hanya harta yang dibagi, tetapi ilmu sangat bermanfaat sekali. Apalagi ilmu yang bermanfaat.

Batapia, 12022022

Tagur#2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

12 Feb
Balas



search

New Post