RISWANI, S.Ag. M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

HIKMAH DI BALIK PANDEMI COVID-19 CORONA MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG ISLAM

HIKMAH DI BALIK PANDEMI COVID-19

CORONA: MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG ISLAM

Oleh : Riswani, M.Pd

Pandemi Covid-19 yang muncul sejak awal tahun 2020 sampai saat ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Penyebaran yang begitu cepat dan masif bahkan menjadi momok yang menakutkan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Selain banyak menelan korban jiwa, virus berbahaya ini juga memporak porandakan perekonomian dan dunia pendidikan, bahkan hingga saat ini para ahli belum menemukan suatu vaksin yang bisa menyembuhkan penyakit berbahaya ini secara total.

Sebagai seorang muslim, kita meyakini dan menyadari bahwa sesungguhnya Allah dalam menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia, Allah memperlihatkan kebesaran dan keskuasaan-Nya dengan berbagai cara, salah satunya melalui penyebaran virus corona yang masih mewabah hingga saat ini.

Selain bahaya yang ditimbulkan oleh pandemic covid -19 ini juga memberikan hikmah tersendiri kepada kita umat manusia khususnya kaum Muslimin. Di antara hikmah yang bisa kita ambil di antaranya :

1. Semakin mendekatkan diri kepada Allah, karena sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu, dan tak seorangpun yang mampu menandinginya.

2. Melatih untuk rendah hati dan tidak sombong, karena kenyataannya dalam kurun waktu yang relatif singkat Allah mampu menggoncang dunia ini melalui virus yang sangat kecil bahkan luput dari pandangan manusia

3. Melatih untuk bersabar dalam menghadapi musibah, baik kehilangan nyawa, maupun kehilangan harta.

4. Mempererat hubungan antara orang tua dan anak-anaknya atau keluarga. Dengan merebaknya virus corona, para orang tua yang biasanya sibuk dengan pekerjaan akhirnya Allah kasih waktu secara maksimal untuk berkumpul bersama keluarga

5. Menjaga kebersihan, dalam Islam bahkan disebutkan bahwa kebersihan itu sebahagian dari Iman.

6. Melatih diri untuk saling berbagi

Diharapkan, dengan adanya pandemic covid-19 ini akan meningkatkan kesadaran kita tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Islam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju sekali. Terima kasih pencerahannya. sukses selalu.

06 Aug
Balas



search

New Post