Rita Mahmudah

Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kutai Kartanegara...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kimchi Korean Cita Rasa Indonesia

Kimchi Korean Cita Rasa Indonesia

Hey … Chyiiin Holaa para penggemar drakor pasti udah hapal banget sama menu satu ini, acarnya korea. Hampir dua tahun belakangan kimchi menjadi menu favoritku, selalu tersedia stok didalam lemari pendingin. Aku mengenal menu ini berawal dari nonton sebuah tayang televisi yang bertema kuliner, terlihat betapa menggiurkan ketika mereka mereview makanan ini. Dimakan dengan nasi hangat terlihat sangat nikmat.

Aku pun mulai browsing mencari tahu bagaimana cara pengolahan menu ini. Ada banyak versi dan variasi tergantung selera, namun bahan dasarnya tetap sama yaitu sawi putih, lobak dan wortel.serta daun bawang. Tapi untuk lobak biasanya selalu kuskip karena tidak ada yang doyan dan langka juga ketersediannya ditempatku.

Akhirnya akupun mulai mencoba membuatnya berkali-kali untuk mencari cita rasa yang pas, pernah aku buat terlalu kecut karena kebanyakan tepung berasnya, ada juga terlalu asin karena kebanyakan garam ketika merendam sawi putihnya. Dari puluhan kali try and eror akhirnya sekarang aku sudah memilki standar cita rasa sendiri. Kimchi cita rasa Indonesia, karena setiap membuat kimchi selalu aku tambahkan gula merah, dan untuk bawang putih dan jahe aku lebih suka menggunakan bumbu segar dari pada bubuk, tapi untuk cabe sepertinya memang lebih nikmat jika menggunakan yang bubuk saja.

Hari ini jadwalku membuat kimchi , stok yang ada sudah ludes. Kemarin aku menonton beberapa tayangan kuliner yang bercita rasa pedas mampus, menimbulkan hasratku untuk membuat kimchi super hot, dengan menambahkan lebih banyak jahe dan bubuk cabe, jika biasa aku hanya menggunakan 7-10 sendok hari ini aku menambahkan 20 sendok makan bubuk cabe, hasilnya bisa terlihat merah membara. Tak sabar walaupun belum fermentasi aku mencicipinya dengan kerupuk, hwuaaaa aje gileee pedeeees mampooos, tapi eueeenak segernya sudah pas dan sesuai selera. Aku jadikan dua toples satu untuk difermentasi dan satunya lagi aku masukkan lemari pendingin agar tidak segera befermentasi karena biasanya si kakak tidak suka yang terlalu kecut.

Acar ini menjadi kegemaranku selain rasanya yang segar dan gurih juga setiap habis menikmati menu ini membuat badanku hangat, mungkin efek dari bubuk cabe dan jahe. Aku biasa melahapnya ditemani ramyon alias mie, yang paling sering sih mie instan he..he serasa hidangan korea gitu, mungkin sama dah sama menunya babang lee jong suk he..he..maksa amat giih ( mie ditambah kimchi ceplok telor dan sosis ama eomuk /odeng atau korean fishcake) hmmm sungguh nikmat tiada banding. Terkadang hanya dengan nasi panas dan telor ceplok.

Gimana chyiiin tertarik untuk mencoba menu satu ini, kalo mau mencoba resep ala akuh silahkan tonton videonya ya… Resep kimchi korean anti gagal cita rasa Indonesia.

*Pateh Kota, 17012021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kayaknya enak seger seger pedes. Coba rumahnya dekat aku pasti datang. Hi..hi.. Sukses selalu bunda Rita

18 Jan
Balas

He..he maknyous bunda pedes asem manis gurih, ssuegerrr tenan. Sukses dan bahagia juga buat bunda sekeluarga

18 Jan

rasanya gmn, enak tu , gurih2 pedas pasti, sukses selalu ya bu

18 Jan
Balas

Iya, sangat syuka, sehat dan bahagia selalu bunda shayang

18 Jan

seger nih..obat kantuk biar melek hehe...sukses skk bund

17 Jan
Balas

Iya pokoke mantul dah, sukses dan bahagia selalu buat bunda sekeluarga

18 Jan



search

New Post