Rita Yuliantini

Bekerja sebagai guru Bahasa Inggris di MTs. Negeri 2 Lebak,Banten...

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat memperbanyak Salawat Pada Hari Jum'at
Source: pinterest.com

Manfaat memperbanyak Salawat Pada Hari Jum'at

Bersalawat kepada Rasullullah SAW sangatlah dianjurkan. Bahkan anjuran bersalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW merupakan pesan langsung dari beliau. Beliau pun menjanjikan syafaat kelak di hari akhir bagi siapa saja umatnya yang banyak bersalawat kepadanya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Rasulullah bersabda, "aulannaasi Bii yaumal qiyamati aktsarhum 'alayya sholaatan" (Manusia yang paling layak terhadapku (yaitu yang paling layak mendapatkan syafaat dariku) pada hari kiamat adalah yang paling banyak bersalawat kepadaku."

Menurut Syekh Ali Jaber dalam bukunya Menjadi Hamba Yang Dirindukan Surga, Ada lebih dari 100 manfaat dan keutamaan dari memperbanyak salawat kepada Rasulullah Muhammad SAW, diantaranya:

1. Menghilangkan segala kesusahan

2. Memberikan kemudahan melunasi hutang

3. Menyembuhkan penyakit

4. Dimudahkan dalam menuntut ilmu

5. Mendapatkan syafaat Rasulullah di akhirat

6. Mendapatkan 10 kebajikan

7. Menjaminkan ampunan dosa

8. Diangkat 10 derajat

Akan lebih utama lagi jika bacaan salawat diperbanyak pada hari Jum'at. Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, bahwa Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya, dari Abu Darda' Rasulullah SAW bersabda,"Perbanyaklah salawat kepadaku pada hari Jum'at, sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan oleh para malaikat. Sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang dari kalian bersalawat kepadaku, kecuali salawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai."

Selain itu, sebagaimana di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi bahwasanya barang siapa yang memperbanyak salawat pada malam Jum'at dan hari Jum'at, maka Allah SWT akan memenuhi 100 hajatnya. 70 hajat akhirat dan 30 hajat dunia.

Pada riwayat lain, sahabat Ubay bin Ka'ab mendapatkan nasihat dari Rasulullah SAW untuk menjaga dan memperbanyak salawat hingga menggantikan seluruh dzikir dan doanya.

Dengan menjaga dan memperbanyak salawat kepada Rasulullah SAW, maka sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, dia akan mendapatkan dua hal. Pertama, akan dicukupi segala urusan dan dosanya akan diampuni.

Mari raih manfaat salawat untuk diri kita. Sebuah amalan yang tidak sulit namun memiliki manfaat luar biasa. Sebuah amalan yang didalamnya sudah dijanjikan syafaat oleh Rasulullah Muhammad SAW kelak di akhirat. Syafaat yang sangat dinantikan oleh seluruh umat manusia di Padang Mahsyar pada hari kiamat kelak.

Sumber: Syekh Ali Jaber, Menjadi Hamba Yang Dirindukan Surga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Bu Rita. Tks sudah berbagi ilmu,

15 Apr
Balas

Alhamdulillah, terima kasih bapak.

15 Apr

Mantap Bund ulasannya. Seht selalu

14 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Bunda. Sehat selalu juga buat Bunda Seir..

15 Apr

Mantap Bund ulasannya. Seht selalu

14 Apr
Balas

Mantap Bund ulasannya. Seht selalu

14 Apr
Balas

Ulasan yang keren dan mencerahkan bu Rita salam kenal ijin follow dan follow back ya terima kasih

14 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Pak Supriyanto.

15 Apr

Keren ulasannya. Sangat bermanfaat. Semoga sehat selalu Bunda.

15 Apr
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Bunda Nanik. Salam sehat dan sukses selalu

15 Apr



search

New Post