Rivatul Jamilah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

ILMU YANG BERMANFAAT

Teringat pesan ustadz pada waktu masih belajar di sekolah tinggkat menengah, beliau memberi nasehat: “catatlah pelajaran di buku tulis, karena suatu saat lupa ilmu yang kamu pelajari, maka kamu bisa buka buku catatanmu.” Kemudian beliau mengumpamakan mencatat pelajaran tadi dengan; menggembala kambing, maka hewan ternak itu hendaknya di ikat supaya tidak pergi jauh dari si penggembala.

Hilal bin Yasar, ia berkata;” Aku melihat Nabi saw menjelaskan sesuatu tentang ilmu dan hikmah kepada para sahabat.aku lalu memohon: “ wahai Rasulullah saw ulangilah apa yang telah engkau jelaskan kepada mereka”. Rasulullah kemudian Tanya kepadaku: “ apakah kamu memiliki seperangkat alat tulis?”. Aku menjawab:” aku tidak memiliki seperangkat alat tulis”. Nabi saw lalu bersabda: “wahai Hilal, janganlah kamu terpisah dari seperangkat alat tulis, karena di dalamnya terdapat kebaikan, juga bagi orang yang membawanya sampai hari kiamat”.

Keutamaan ilmu sebagai pengantar menuju ketaqwaan yang menyebabkan seseorang berhak mendapatkan kemuliaan di sisi Allah swt dan kebahagiaan yang abadi, sebagaimana Muhammad bin Hasan bin Abdillah menjelaskan dengan sya’ir:

“tuntutlah ilmu, karena ilmu merupakan perhiasan bagi pemiliknya, keunggulan, dan pertanda segala pujian”.

“jadikanlah dirimu sebagai orang yang selalu menambah ilmu setiap hari. Dan berenanglah di lautan makna”.

“belajarlah ilmu fiqih, karena fiqih merupakan penuntun yang terbaik menuju kebaikan dan ketaqwaan serta tujuan paling tepat”.

“Ia mendapat bendera yang menunjukkan pada jalan menuju tujuan, ia menjadi benteng yang menyelamatkan dari segala kesesatan”.

“seorang ahli fiqih yang teguh, lebih berat bagi syetan disbanding seribu ahli ibadah (yang tidak berilmu)”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post