Riyan Rosal Yosma Oktapyanto

Seorang manusia yang suka belajar...

Selengkapnya
Navigasi Web
THE POWER OF DREAMS BANGSA DORAEMON

THE POWER OF DREAMS BANGSA DORAEMON

THE POWER OF DREAMS BANGSA DORAEMON

Oleh: Riyan Rosal Yosma Oktapyanto

Impian. Sesuatu yang abtrak tetapi tidak semua impian itu dapat diterjemahkan. Bisa dikatakan ada juga impian yang bermakna dan dapat dimengerti atau diterjemahkan. Sebagai contoh, ketika pada kisaran tahun 60-70 (1960-1970) orang Jepang bermimpi untuk dapat embuat sebuah robot. Pada saat itu mereka merealisasikan mimpinya dengan menuangkan mimpinya (baca: ide) dengan membuat komik-komik yang disebut manga dan film animasi yang disebut anime. Manga dan anime yang dibuat berkisah tentang ksatria robot dan robot-robot serba bisa seperti Doraemon, Robocar, Sentai (Power Ranger), Ultraman, Astroboy, dan lain-lain.

Menjadi sebuah hal yang mustahil pada saat itu untuk jepang merealisasikan mimpi-mimpi mereka itu, menurut khalayak ramai di zamannya. Hal tersebut karena memang Jepang sedang recovery pasca Perang Dunia pertama. Namun ada segelintir orang-orang yang kreatif yang selalu bermimpi yang sekedar khayalan. Bagi mereka yang kreatif memaknai mimpi bukan sekedar khayalan. Jikalau khayalan itu adalah hal yang mustahil seperti halnya melihat hal-hal yang ghaib seperti dongeng tetapi mimpi itu bisa direalisasikan denga modal tekad dan kesungguhan serta niat yang teguh.

Beberapa dasawarsa kemudian sekitar tahun 1900an, akhirnya mereka dapat merealisasikan mimpi-mimpi mereka bukan hanya manga atau anime. Mereka dapat membuat robot yang nyata. Lewat para ahli-ahli robotika mereka menjadi pelopor robot di dunia ini. Contohnya mereka dapat membuat “aibo” robot berbentuk anjing, robot laba-laba, bahkan dibuat robot menyerupai manusia dan lain-lain.

“Bangsa pencipta Doraemon” ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa impian itu dapat direalisasikan dengan cara, langkah, usaha dan tekad benar. Bangsa ini memberikan kita semangat bahwa dalam mengejar mimpi tak mengenal putus asa walau banyak cobaan, ujian bahkan cacian. Kuncinya adalah kreatifitas dan kemauan yang kuat untuk merealisasikannya. Menurut Soichiro Honda, seorang pemimpi besar yang berhasil mewujudkan beberpa mimpi besarnya. Salah satu mimpi Soichiro Honda yang terwujud adalah dia berhasil mendirikan super korporasi otomotif yang bernama HONDA. Soichiro Honda mengatakan sebuah kalimat ajaibnya: “ The Power of Dreams” dan dengan motto: “Keberhasilan itu dapat dicapai dari 99% kegagalan”.

Maka teruslah bermimpi! Walaupun cobaan menerpa teruslah berkreatifitas, karena kreatifitas adalah modal dasar mimpi. Teruslah berkarya karena karya bukti kreatifitas kita. Ayo kita bermimpi terus dan merealisasikannya. Walaupun butuh waktu dan entah kapan mimpi itu terwujud. Tepat semangat gelorakan The Power of Dreams. #

Ciparay, 4 Juli 2007 ditulis ulang 8 September 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post