Ryantie

“Kehidupan punya cara tersendiri untuk menyeleksi setiap kehendak kita, kita tidak bisa memilih apa yang kita kehendaki, yang terbaik adalah apa yang kita...

Selengkapnya
Navigasi Web

BOTRAM PENILIK

"Botram" (munggahan) tradisi menjelang Ramadhan, Penilik Kota Bandung, 3 Mei 2019.

Tidak terasa kita akan kembali memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H, bulan penuh rahmat dan ampunan. Tradisi yang tidak lepas dari kebiasaan orang "Tatar Sunda" yaitu tradisi Botram atau Munggahan. Botram atau Munggahan adalah tradisi makan bersama yang kerap dilakukan oleh kebanyakan masyarakat di Jawa Barat. Identik dengan makan bersama sama dengan keluarga, teman, kerabat dan rekan kerja. Dan dilakukan ditempat tempat favorit seperti di sekitar kebun, rumah ataupun di kantor.

Munggahan berasal dari kata unggah yang memiliki arti " kecap pagawean nincak ti handap kanu leuwih luhur, naek ka tempat anu leuwih luhur " dapat diartikan segala sesuatu kita lakukan dari bawah menuju tahap yang lebih tinggi, dengan harapan dapat meningkatkan derajat ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

Pada kesempatan ini, Penilik Kota Bandung mengadakan botram/munggahan, makan bersama sama di ruang Penilik Dinas Pendidikan Kota Bandung Jl. Jendral A. Yani 239 Bandung. Alhamdulillah seluruh Penilik dapat hadir. Tidak hanya sekedar kumpul bersama, namun untuk meningkatkan tali silahturahmi demikian yang disampaikan Sutarna selaku Ketua IPI Kota Bandung. sebelumnya diawali dengan Doa bersama dan diakhiri dengan makan bersama.

Botram Munggahan pada hari ini, special menu disiapkan oleh para Penilik. Mulai dari Menu Gulai Sapi plus acar, Orek Tempe, tahu Tempe Bacem, Rolade daging Sapi, Rendang Jengkol, Jambal roti cabe hijau, aneka sambel dan lalab tak ketinggalan aneka krupuk. hhmmmm....yummmy deh. Maaf menu tidak "matching" hehe. Ada ketinggalan rupanya, Pepes ikan Mas dan balado kentang. Alhamdulillah dilengkapi dengan Nasi Liwet.

Sedangkan untuk "dessert" Moci Bogor oleh oleh yang pulang bimtek jabfung Penilik, Banana Cheescake, bolu Caramel, Bolu Lapis Surabaya, bubur lemu, Salad buah, manisan bogor, Semangka merah meronah, pisang ambon dan pisang radja serta Sawo Sumedang.

Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami di bulan Ramadhan. Bantulah Kami dalam melaksanakan puasa, melakukan shalat malam, menjaga llisan dan memelihara pandangan, dan jangan jadikan puasa kami hanya sekedar lapar dan dahaga. (Kitab Mafatihul Jinan)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga kita dipertemukan dengan bulan yang penuh rahmat ini dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah. semoga ibadah yang kita laksanakan dibalasi syorga. Aamiin ya Robbal'alamiin. Maaf lahir bathin ya Bunda. Barakallah

03 May
Balas



search

New Post