Riyo Arie Pratama

Alumni Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung. Seorang Guru di SMP Islam El Syihab Kota Bandar Lampung. Seorang yang suka menulis, berpikir, dan bermusik....

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuktikan Teori Tekanan dengan Cara Sederhana Menggunakan Botol Bekas Air Mineral

Membuktikan Teori Tekanan dengan Cara Sederhana Menggunakan Botol Bekas Air Mineral

Jika mendengar kata fisika biasanya telinga kita akan mendorong otak kita berpikir bahwa hal tersebut sulit. Tapi tahukah anda, jika sebenarnya fisika adalah ilmu yang menerjemahkan berbagai fenomena yang ada di sekitar kita. Sebenarnya banyak hal dari fenomena fisika yang bisa dipelajari dengan cara yang sederhana. Namun memang bagi saya pribadi hal itu tidak berlaku untuk semua konsep.

Tekanan adalah salah satu fenomena materi fisika yang sering dipelajari. Pada tingkatan sekolah menengah adan dasar tentunya konsep yang dipelajari belumlah seluas di tingkat atas dan tingkat perguruan tinggi. Meskipun demikian tetap saja banyak siswa yang merasa hal itu sulit, tanpa mencoba melakukan sesuatu terlebih dahulu untuk memahaminya. Hal inilah yang mendasari saya untuk mencoba melakukan eksplorasi sederhana pada materi tekanan ini.

Pada kegiatan ini saya mencoba memberi gambaran atau sharing kepada siswa tentang bagaimana membuktikan jika suatu benda mengalami tekanan. Seperti apakah tekanan itu?? Apakah tekanan itu ada?? Bagaimana sebuah tekanan bekerja?? Begitulah kira-kira pertanyaan yang akan dijawab pada kegiatan ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan pada kegiatan ini sangat-sangat sederhana. Siapkan botol bekas air mineral, tapi di sini saya menggunakan botol bekas "teh pangkal harum" (disamarkan). Saya juga menyiapkan beberapa paku untuk melubangi botol air mineral nantinya.

Pertama isi botol dengan air hingga penuh, lalu tutup rapat. Letakan botol di atas meja. Menurut teori tekanan, air di dalam gelas ini mengalami tekanan dari berbagai arah yang sama besar.

Tekanan bagian atas menekan ke bawah, tekanan dari bawah menekan ke atas, tekanan dari kanan menekan ke kiri, dan begitupun sebaliknya. Kemudian Saya melubangi salah satu sisi dengan menggunakan paku hingga benar-benar berlubang, lalu mencabut paku tersebut. Lalu apa yang terjadi??

Ternyata terjadi apa-apa, itu karena tekanan yang menekan benda ini masih seimbang tidak ada yang berubah sistemnya. Lalu saya menekan bagian atas botol, dan benar saja ada air yang mengalir /menyembur ke luar botol.

Tekanan yang saya lakukan membuat tekanan yang bekerja di sistem botol itu berubah, dimana tekanan dari atas menjadi lebiih besar yang menyebabkan air menyembur ke luar.

Hal yang sama jug terjadi saat saya menekan bagian samping dari botol. Hal ini membuktikan bahwasanya memang tekanan itu ada dan berpengaruh ketika ada perbedaan tekanan dari atas, bawah, ataupun dari samping kanan dan kiri seperti tadi itu mempengaruhi keseimbangan sistem tekanan di dalam botol.

Lebih jelasnya silahkan video diberikut dengan cara klik link di bawah ini :

Dengan kegiatan sederhana seperti seharusnya membuat kita sadar bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita sudah melakukan konsep sains khususnya fisika. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa fisika itu enggak rumit, IPA itu menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post