Rizqi Fitriani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mapala Alim Adventure STAI HAJI AGUS SALIM

Mapala atau Mahasiswa Pencinta Alam adalah organisasi internal kampus dengan jenis Unit Kegiatan Mahasiswa, beranggotakan para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kepedulian dan kecintaan dengan alam sekitar dan lingkungan hidup.

Kegiatan Mapala umumnya berkisar di alam terbuka dan menyangkut lingkungan hidup. Jenis aktifitas meliputi Pendakian Gunung (Mountainering), Pemanjatan (Climbing), Penelusuran Gua (Caving), Pengarungan Arus Liar (Rafting), Penghijauan, Bakti Sosial dan lain sebagainya. Akhir - akhir ini di mana degradasi lingkungan dirasa semakin parah, maka peran Mapala sangat penting untuk membantu melestarikan lingkungan.

SEJARAH ALIM ADVENTURE

Alim Adventure merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STAI HAJI AGUS SALIM yang pertama kali berdiri pada tahun 2005. Pendiri Alim Adventure berjumlah 6 orang.

Pengertian Alim Adventure. Alim secara Etimologi ada 2 perspektif :

Alim menurut Bahasa Arab yaitu "alimun" orang yang mengetahui, Alim secara Bahasa Sunda yaitu "Tidak Mau".

Alim akronim dari AGUS SALIM. Dan Adventure sendiri memiliki arti Petualang / Penjelajah.

Alim Adventure menurut Terminologi yaitu, sekelompok Mahasiswa STAI HAJI AGUS SALIM yang menyukai Petualangan, namun disertai dengan pengetahuan tentang kepencintaan alam serta mampu Mengimplementasikan pada kehidupan sehari hari.

ARTI LAMBANG ALIM

-Segi enam yang berwarna Oren yaitu setiap sudut di artikan sebagai Pendiri Alim Adventure.

-Arah Mata Angin dan Carabiner yaitu terdiri dari berbagai macam Suku, bahasa karakter yang disatukan dalam sebuah Organisasi, yaitu Alim Adventure.

NILAI NILAI DASAR

Tiga tujuan pokok Alim Adventure

1. Memupuk patriotisme yang sehat di kalangan anggotanya. Di yakini oleh para pendiri bahwa sifat ini bisa dicapai hanya dengan hidup di tengah alam dan di antara masyarakat kebanyakan.

2. Mendidik anggotanya baik mental maupun fisik.

3. Mencapai semangat gotong royong dan kesadaran sosial.

KODE ETIK

# Bersifat hemat, bahkan pelit. Ini muncul mengingat keadaan keuangan organisasi.

# Harus berani jorok, dalam arti tidak ragu makan apa saja, asal bukan makanan membahayakan.

# Harus bermuka tebal. Tidak malu ngompreng, bertanya jalan kepada siapa saja, dan memanfaatkan koneksi untuk tujuan tujuan tertentu yang penting halal.

JENIS JENIS KEGIATAN

• Kegiatan yang pernah berjalan yaitu :

1. Pendakian Gunung Sindoro 3153 MDPL Wonosobo Jawa Tengah.

2. Pendakian Gunung Prau 2590 MDPL Dieng Jawa Tengah.

3. Pendakian Gunung Merbabu 3142 MDPL Semarang Boyolali Jawa Tengah.

4. Pendakian Gunung Guntur 2249 MDPL Garut jawa Barat.

5. Pendakitan Gunung Tampomas 1684 MDPL Sumedang Jawa Barat.

6. Pendakian Gunung Sumbing 3372 MDPL Wonosobo Jawa Tengah.

7. Latihan Wall Climbing bersama Komunitas Pendaki Gunung (KPG) Reg Bekasi dan Komunitas Pencinta Alam (KPA RANTING) di Eiger Tambun.

8. Latihan gabungan Water Rescue dan Medical First Responder (MFR) bersama Public Safety Center (PSC) dan Sispala SMPN 2 Cikarang.

9. Bebersih kali Cibeet dan Penanaman 500 bibit Pohon bersama Serdadu Komunitas Cibeet (SEKOCI).

10. Ngecrek atau Galang Dana bersama teman teman Aliansi Mahasiswa Peduli Bencana Indonesia (AMPIBI).

11. Pelatihan Water Rescue di Kobak Biru Kalimalang Bersama Medika Volunteer (MEDVOLT).

• Kegiatan yang sedang Berjalan

1. Pedalaman Materi tentang kegiatan Alim Adventure setiap hari Minggu Dikampus.

2. Dayung / Water Rescue

3. Morfologi / hutan, gunung, sungai

4. Mountaineering

√ Tali Menali

√ Survival

√ Navigasi

√ MFR

√ Sejarah Kepencintaan Alam

Harapan untuk Mapala Alim Adventure kedepanya adalah supaya Alim Adventure bisa berperan aktif serta eksis di kalangan masyarakat, membantu meletarikan lingkungan, turut andil dalam membantu masyarakat di kebencanaan, serta bisa Mengimplementasikan ilmu ilmu yang di pelajari dalam kehidupan sehari hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, banyak yah kegiatan Alim. Sukses selalu dan barakallahu fiik

21 Oct
Balas



search

New Post