rizqinhandayani

MUTU adalah tujuan hidup untuk menjadi indah, dan ikhlas tujuan alhirat menuju sukses jadi mutu dan ikhlas adalah 2 kunci unk menjadi sukses dunia akhirat...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMAKANAN JENAZAH DI MASA WABAH COVID 19

PEMAKAMAN JENAZAH DI ERA WABAH

Tema : BU LEK WAFAT DI TENGAAH WABAH COVID 19

Tantangan Ke 5 :

Jumat, 27 maret 2020 malamnya di grup keluarga ada kabar adik ibunya saya meninggal sakitnya ternyata di puskesmas pujer 2 hari dan 1 malam di RSU Bondowoso dia bu lek memang sakit atau punya penyakit Diabetes ,Namun yang di bawa ke puskesmas karena sakit Diare info sepupu saya anaak bu lek . Dalam masa tersebarnya covid 19 ketika ada jenasah di daerah atau desa biasanya menjadi ramai atau tingkat social kemasyarakatan desa biasanya banyak, namun karena bersamaan dengan kabar covid hanya pihak keluarga dekat saja yang hadir ini merupakan pengaruh ketika ada orang yang meninggal bersamaan dengan covid 19 masyarakat sudah mulai enggan untuk takziah , untuk menguburkan bahkan untuk memandikan, untungnya keluarga saya memang paham masalah memandikan, mensolatkan dan menguburkan , maka keluarga sendiri yang melakukan ini, padahal almarhumah orang yang selalu guyup ketika ada orang meninggal , namun balasannya bersamaan dengan covid yang akhirnya sepi tidak seperti biasanya mengkafani belum selesai pihak TNI dan Kepolisian sudah mulai memberikan semprotan disinfektan pada halaman dan rumah jenazah, hati kecil saya menangis sampai seperti ini pengaruhnya padhal almarhumah tidak sakit Covid 19 , namun imbasnya sangat besar sehingga menyangka almarhumah sakit diluar penyakit aslinya.

Namun saya sendiri sampai ikhtiar pakai masker, tidak bersalaman, duduk berjauhan dan bahkan membawa disinfektan ukuran seperempat liter sebagai cadangan begitu ketatnya sampai saya yang saya lakukan seperti itu, namun saya langsung Tanya sebelum mendekat ke bu lek atau almarhumah kepada adik ternyata sakitnya karena diare maka saya berdoa semoga benar adanya dan keragu-raguan saya mulai hilang lalu saya ikut mengafani jenazah al marhumah. Semoga amal dan ibadah almarhumah diterima disisinya dan diampuni segala dosanya.

Begitu hebatnya pengaruh di daerah dan desa sampai orang yang tidak terjangkit covid 19 yang meninggalpun menjadi imbasnya dari wabah covid 19.semoga kelurga diberikan kesabaran , entah bagaimana dengan acara tahlilan , namun keluarga sepakat unk di tahlili sekeluargaan saja tanpa banyak orang. Karena ikhtiar pemerintah melarang orang untuk berkumpul , semoga usaha masyarakat khususnya di bondowoso memahami usaha pemerintah ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga virus secepatnya berlalu. Amin. Salam kenal bun

31 Mar
Balas

Semoga husnul khotimah ya, bu. Yang penting doa dari anak2nya tidak putus,Allah Maha Kuasa hanya Allah yang Maha Mengetahui atas semua kondisi ini

01 Apr
Balas



search

New Post