rizqinhandayani

MUTU adalah tujuan hidup untuk menjadi indah, dan ikhlas tujuan alhirat menuju sukses jadi mutu dan ikhlas adalah 2 kunci unk menjadi sukses dunia akhirat...

Selengkapnya
Navigasi Web

PENGARAUH COVID 19

PENGARUH WABAH COVID 19 DALAM SENDI KEMASYARAKATAN UMAT

Wabah Covid 19 yang sudah banyak meresahkan banyak orang seluruh Indonesia semua itu bersumber dari luar negeri .Lalu bagaimana dengan kondisi di kota dan kecamatan anda? banyak permasalahan ,banyak kekhawatiran akan adanya peta wabah setelah ditetapkan pencegahan untuk wabah covid 19 diantaranya :

1. Dilarang berkumpul unk kepentingan apapun meskipun dalam kondisi baik,

2. Dilarang bersalamaan

3. Dilarang keluar rumah kalau tidak penting

4. Cuci Tangan setelah 20 detik dengan sabun

5. Menjemur diri sekitar 15 menit pada sinar matahari

6. Minum Minuman seperti air jahe, serrey ,kunyit untuk mencegah virus

7. Memakai Masker

8. Memakai Sarung tangan

Semua antisipasi diatas harus dipatuhi oleh kalangan umat masyarakat . Namun Doa janganlah ditinggal karena doa itu sendiri arti bahasa dari solat maka solat jangan di tinggal. Ya Allah azab apa yang engkau berikan kepada umat islam hingga engkau murka dengan ini. Banyak orang yang sebelumnya diajak berkumpul untuk kebaikan bersolawat, pengajian ,solat berjamaah enggan melakukannya tetapi kenapa setelah adzabmu murka banyak orang bingung mencari itu semua Ya Allah kami sadar manusia yang banyak dosa, banyak munafiq , banyak berbohong ,banyak maksiat mungkin dengan adzab ini jadikanlah ini sebuah pelajaran yang manusia lalai akan perintahmya dalam ayat alqur’an murkamu banyak mencontohkan sampai saat ini engkau tunjukkan murkamu dengan ayat kauniyah yaitu langsung mengirimkan wabah thoun atau wabah penyakit yang membahayakan manusia akankah umatmu tidak percaya ya Allah… kami sadar banyak dosa , banyak bohong ,banyak maksiat yang kami lakukan kumohon ampunilah hambamu yang lemah ini ya Allah .. jadikan tegoran ini sebagai cambuk untuk umatmu yang tidak taat dan patuh perintahmu ya Allah.

Ketika kami dilarang bersilaturrahmi kami sadar bahwa kami tidak pernah silaturrahmi terhadap saudara2 saudara seiman seislam ya Allah sehingga sekarang di larang hanya gara-gara penyakit Covid 19 ya Allah kami sadar ya Allah bahwa silaturrahmi dapat memperpanjang umur ya Allah ketika sekarang silaturrahmi dilarang kamipun yakin ya Allah manusia takut akan mati Ya Allah. Mati dan hidup kupasrahkan padamu ya Allah

Ketika kami dilarang berkumpul mengadakan kebaikan untuk umat apakah kami juga akan terkena wabah itu ya Allah kami hanya dapat memohon bersamamu ya Allah hanya engkau yang dapat menjawab ini ya Allah. Kami hanya bisa bertawakkal dan berdoa setelah ikhtiar atau usaha yang dilakukan pemerintah di atas ya Allah semoga do’a kami diterima disisiNya .

Ya Allah kami sadar Bahwa Syukur akan membawa nikmat yang sangat besar dibalik kufurmu ya Allah , maka seseorang yang tidak bersyukur sekaranglah saatnya bertobat untuk bersyukur kepadamu ya Allah dengan memperbanyak istighfar, tobat, bersedekah kepada sesama dan berbuat baik terhadap keluarga mumpung selalu berkumpul dengan keluarga maka Allah berpesan Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka . Maksud ayat ini sangat luas ya Allah bersama keluargalah kalian ke surga.

Janganlah kalian sekali-kali takut dan juga jangan sekali-kali berani. Covid 19 bukan penyakit biasa yang tidak patut kalian tidak patuhi ikhtiar nomor satu setelah itu kita bertawakkal .Jika kita ingin solat berjamaah berjamaah dengan keluarga jadikan suamimu imam di atas semuanya, ketika sadar bahwa suami tidak bisa jadi imam maka perkumpulan menjadi penting berjamaah di musholla –musholla dan mesjid2 menjadi penting disinilah mulai terasa manfaat berjamaah, maka janganlah sekali2 meninggalkan solat jamaah. Allah sekarang murka sampai di Jakarta masjid istiglal tidak ditempati solat jamaah karena banyaknya wabah covid 19 maka jagalah kota yang tidak terjangkit dengan usaha dan doa agar tidak terjangkit virus corona atau covid 19.

Berkunpul berdiskusi sekarang juga sama halnya berkumpul untuk bukan kepentingan umum dilarang barulah dirasakan bahwa perkumpulan berdiskusi untuk kepentingan umum sangatlah berguna , kenapa ya Allah dulu kami lalai untuk itu ketika kami dilarang karena wabah covid 19 baru kami rasakan betapa pentingnya bersosialisai dengan masyarakat untuk kepentingan umat. Namun sekarang juga mulai dibatasi Ya Allah kami sadar murkamu sekarang mulai kami rasakan akan nikmatnya berkumpul. Kami bertobat istighfar hanya kepadamu jauhkan kami dari murka penyakit ini Ya allah. Sadar bahwa berkumpul yang tidak ada manfaatnya itu tidak baik kalau hanya sekedar hura-hura ya Allah seyogyanya berkumpul untuk menuju surgamu yang kami harapkan Ya Allah. Engkau maha pengampun ,..engkau maha kaya engkau Maha sehat. Jadikan seluruh umat islam beristighfar unk memuji rahmatmu ya Allah.

Dalam Islam sebenarnya juga dilarang bersalaman dengan lain jenis sekarang kami baru merasakan nikmatnya ketika maksiat tangan tidak lagi dilakukan hanya karena covid 19 ternyata ada hikmah dibalik ini ya Allah .Islam memang melarang berjabat tangan lawan jenis karena bukan mahromnya, ternyata kami sadar apa yang kami lakukan banyak maksiat ya Allah jauhkan kami dari penyakit itu jauhkan kami dari bersalaman yang bukan muhrim ya Allah kuatkanlah iman kami ya Allah walau hati tidak bermaksud maksiat ternyata engkau memberi peringatan lewat penyakit ini Ya Allah.

Anak-anak libur sekolah dan madrasah di desa dan di kota .Orang tua sudah mulai sadar bahwa belajar ngaji, dan pendidikan umum sangatlah penting ini terasa ketika anak-anak mulai dikembalikan kepangkuan orang tua betapa beratnya mendidik anak sendiri kejalan yang benar disinilah beratnya seorang guru baik disekolah atau di madrasah atau di musholla-mushollah di TPA-TPA bahwa mendidik anak yang sebenarnya dimulai ari parenting di rumah atau dimulai dari orang tua . Maka jangan sekali- kali selalu menyalahkan guru. Karena sekarang baru terasa bagaimana jika sehari penuh anak-anak dikembalikan kepngkuan orang tua apa yang dirasakan apakah sama dengan guru-guru di sekolah atau guru-guru ngaji yang sabar mendidik anak-anaknya untuk menjadi pandai… Ya Allah murkamu yang tidak mulai lagi menghormati guru sekarang baru terasa ya Allah bahwa tanpa jasamu tanpa didikaanmu kami orang tua tidak mampu 100 % memberikan pelajaran yang kami tidak mampu Ya Allah kami sadar Bahwa hormat terhadap Guru adalah sama dengan hormat terhadap orang tua di rumah Ya allah ampunilah dosa guru-guru kami yang kami belum sempat meminta maaf kepada guru-guru kami yang sudah wafat ya Allah .Ampunilah kesalahan kami dalam membuat marah guru ya Allah sekarang baru sadar tanpamu ketika libur begitu sangat panjang kami rindu akan nasehatmu, kami rindu akan bimbinganmu ya Allah kami sadar Liburan ini untuk merenungi kesalahan kami di sekolah pada Guru sehingga engkau hukum para orang tua juga yang tidak hormat akan guru ,murka untuk diberi didikan sendiri, mendampingi sendiri dengan belajar sendiri di rumah.

Jadikanlah semua ini kekuatan untuk tetap bertobat ya Allah Kesalahan kami berlipat ganda akan datangnya wabah ini ya Allah .Wabah covid 19 banyak merubah tatanan kehidupan social kemasyarakatan dan semua ini bersumber akan manusia yang membuat kerusakan di muka bumi yang tidak mematuhi aturan al-qur’an dan hadis serta nasehat para ulama’ dan umaro’. Marilah mulailah sadar banyak bertobat, istighfar akui semua kesalahan kita minta di separuh tengah malam jam 1 sampai jam 3 untuk selalu bermunajat kepadanya hanya semata-mata memohon ampun atas sang pencipta. Bacalah doa setiap keluar rumah dengan bismillahi tawakkaltu a’alallah lakhaula wa la quwwata illa billahi aliyyil adzim.

Solatlah tahajjut mintalah disana , akuilah kesalahan kita kepada Nya dan kita ampun terhadap orang-orang yang pernah engkau berbuat salah. Dan perbanyak dzikir dengan la ila haillaa anta subhanaka inni kuntu minadholimin sebanyak-banyaknya untuk menghindari wabah covid 19 setelah berikhtiar atau berusaha apa yang sudah disebutkan di atas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

trmksh ustadzh. sangat bermanfaat

23 Mar
Balas

Nyepi bak rina baru sempat....

23 Mar
Balas

Mantap bu. Bermanfaat sekali

23 Mar
Balas

Mbak Risqin...ke mana aj?

23 Mar
Balas



search

New Post