Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bertanam Anggur

Bertanam Anggur

Bagi Masyarakat perkotaan yang memiliki hoby bertanam biasanya terkendala dengan ketersediaan lahan, karena lahan terbatas yang dimiliki lebih diutamakan untuk mendirikan bangunan. Bahkan saking terbatasnya lahan, kebanyakan orang membangun dan mengembangkan rumahnya ke atas (bertingkat). Namun tidak demikian dengan orang yang memiliki kreativitas tinggi. Belajar dari pengalaman orang yang telah berhasil memanfaatkan sisa lahan di luar pagar, penulis mencoba mengadopsi kreativitas mereka untuk menanam anggur.

Berawal dari hasil stek tanaman anggur yang dilakukan oleh salah seorang caraka di sekolah. Dia mengembangkan tanaman anggur yang ada di sekolah dengan cara stek dan menempel, shingga menghasilkan beberapa tanaman baru. Dari situlah penulis mencoba menanam di lahan terbatas di depan rumah (di luar pagar) yang merupakan fasilitas untuk dari developer untuk penghijauan.

Saat tanaman mulai merambat, penulis mulai berpikir, bagaimana cara membuat penyangganya. Kebetulan, di sebelah rumah ada tanah kosong yang sering dijadikan tempat untuk membuang sisa-sisa bangunan seperti puing dan sebagainya. Dari sekian bahan bekas bangunan yang dibuang adalah baja ringan. Dari bahan bekas bangunan tersebut dan tambahan material sedikit yang kami beli, akhirnya terbetuklah penyangga yang nantinya mampu menopang tumbuh dan berkembangnya tanaman anggur.

Semoga berhasil

Rangka baja ringan kami gunakan untuk penopang

Tanaman anggur yang mulai merambat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Memanfaatkan yang ada, bisa jadi pemasukan ini hehe.... Smg subur dan berbuah lebat anggurnya.

30 Mar
Balas

Wahh...keren itu. Jgn lp undang sy kl sdh panen ya p Rochadi. Hehe ...

29 Mar
Balas

Jangan lupa, kalau panen, kirim Surabaya, yaa.... Hehe... Sukses selalu.

29 Mar
Balas

Hehe bisa aja

29 Mar

semoga bisa berbuah lebat. lumayan bisa sebagai sumber buah sekaligs peneduh rumah dan sumber oksigen. keren.

30 Mar
Balas

Aamiin....

01 Apr

Asal jangan di anggurin pak heheehee,,,,salam sukses pak

29 Mar
Balas

Keren. Saya pun sedang mencoba menanam anggur di sekolah. Sukses selalu Pak Rochadi.

30 Mar
Balas

Semoga berhasil ya Bu

01 Apr

Mantap ulasannya

29 Mar
Balas



search

New Post