Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karakter Manusia Berdasarkan Neptu Weton

Karakter Manusia Berdasarkan Neptu Weton

Neptu weton adalah jumlah dari hari kelahiran masehi dan kalender Jawa. Perlu diketahui, dalam kalender Jawa terdapat 5 hari pasaran yang berbeda dengan hari masehi, yakni: Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Masing-masing hari dan pasaran, mempunyai nilai yang berbeda.

Angka wetonan didapat dari penjumlahan hari dan pasaran lahir. Neptu Weton dalam primbon Jawa biasanya dijadikan rujukan untuk meramalkan beberapa hal, seperti jodoh dan watak seseorang.

Berikut urutan jumlah hari dan pasaran.

· Minggu : 5 Kliwon : 8

· Senin : 4 Legi : 5

· Selasa : 3 Pahing : 9

· Rabu : 7 Pon : 7

· Kamis : 8 Wage : 4

· Jumat : 6

· Sabtu : 9

Contoh: Orang yang lahir pada Hari Minggu Kliwon, berarti Neptu wetonnya 5 + 9 = 16.

Berikut ini penjelasa tentang watak seseorang berdasarkan weton lahir menurut primbon Jawa.

1. Neptu weton 7

Neptu 7 memiliki sifat Pendito Kang Lelaku dan dimiliki oleh weton Selasa Wage. Orang yang lahir dengan weton ini memiliki sifat suka berpergian jauh atau dalam bahasa Jawa disebut Seneng Ngelencer. Orang ini tak tahan berdiam di satu tempat dalam waktu lama. Weton ini juga memiliki punya sedikit rasa pemalas dan sulit berkomunikasi dengan orang.

2. Neptu weton 8

Neptu 8 dinaungi sifat Lakune Geni dan dimiliki oleh weton Selasa Legi dan Senin Wage. Orang dengan neptu ini memiliki sifat senang mendendam, dan mirip bara api. Emosinya mudah meledak hingga membuat pertengkaran.

3. Neptu weton 9

Neptu 9 dinaungi Lakune Angin. Sifatnya 'Gampang dielus pikirane' atau mudah terpengaruh oleh orang lain. Bahkan tak memiliki pendirian yang kuat. Namun, mereka juga memiliki sifat yang lincah dan kebal santet.

4. Neptu weton 10

Neptu 10 dinaungi oleh Pendito Mbangun Teki. Orang dengan weton ini biasanya suka memberikan nasehat pada orang lain. Mereka juga punya pribadi yang cerdas dan tak mudah tersinggung.

5. Neptu weton 11

Dinaungi Lakune Setan, weton ini tak cocok untuk menjadi seorang pemimpin. Karena karakter orang dengan weton ini adalah plin-plan dan tak bisa mengambil keputusan.

6. Neptu weton 12

Orang dengan neptu 12 dinaungi Lakune Kembang yang memiliki karakter gelem diturut tapi emoh dadi punjaren, Memiliki sifat cinta damai dan suka mengalah dengan orang lain.

7. Neptu weton 13

Neptu 13 memiliki pesona luar biasa dan membuat orang sekitar senang. Neptu di bawah Lakune Lintang ini suka bertualang dan bisa menjadi pemimpin.

8. Neptu weton 14

Neptu weton 14 memiliki gambaran Lakune Mbulan. Bisa menjadi pendengar dan pemberi saran yang baik.

9. Neptu weton 15

Neptu weton 15 memiliki sifat pendendam karena memiliki gambaran Lakune Geni. Emosinya mudah tersulut dan agresif. Sulit mendapat perintah dari orang lain, sehingga sering mendapat masalah dengan kehidupan sosial.

10. Neptu weton 16

Orang dengan neptu ini memiliki sifat yang senang mengayomi. Mudah mengikuti alur dan aturan. Namun jika marah pemilik weton ini akan menjadi menyeramkan.

11. Neptu weton 17

Pemilik weton 17 punya sifat pendiam, terlalu baik dan moodyan. Mereka juga mudah diatur masalah hati karena punya sifat terlalu baik.

12. Neptu weton 18

Neptu weton 18 dilambangkan lakune Paripurna. Pemilik weton ini memiliki sifat yang egois dan dominan. Orang dengan weton ini mudah panas, namun amarahnya pun cepat mudah padam.

Itulah ulasan watak yang dimiliki seseorang berdasarkan weton lahir yang dimiliki. Ulasan ini hanyalah sebuah ramalan yang belum terbukti kebenarannya. Jadi boleh percaya, boleh juga tidak, karena semua kembali kepada pribadi masing-masing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Pak Arif. Sukses selalu

07 Jun
Balas

Asiiik.... Saya jadi belajar itung2an ni hehe....

07 Jun
Balas

Hehe nambah wawasan Bu

10 Jun

Wah bisa untuk bertanya nih klo mau tunangan atau menikah. Hihihi...orang Jawa biasanya pke hitungan begitu

07 Jun
Balas

Hehe Betul Bu, cuma kalau kalau hitungannya ngga pas, bikin sakit hati. Padahal sudah sama2 cinta

10 Jun

Hehe saya suka baca primbon Jawa soal baik ato jelek tergantung bacaannya

08 Jun
Balas

Ya Buat nambah wawasan saja Bu

10 Jun

Ulasan keren & informatif p Rochadi

07 Jun
Balas

Tks Bu Siska

10 Jun

Hehe...jadi pengen tahu. Tapi bener kok, belum tentu cocok. Salam bahagia, Bapak.

07 Jun
Balas

Hehe... buat nambah wawasan Bu

10 Jun

Mantap ulasannya, Pak Arif. Saya orang Jawa malah nggak faham

07 Jun
Balas

hehe... biar ngga tahu tentang ramalan menurut primbon, tapi tidak membuat ibu batal menjdi orang Jawa kan.

10 Jun

Mantap ulasannya, Pak Arif. Saya orang Jawa malah nggak faham

07 Jun
Balas

Mantap ulasannya, Pak Arif. Saya orang Jawa malah nggak faham

07 Jun
Balas

Gak percaya kalau jelek hasilnya..he..he. keren ulasannya Pak.

07 Jun
Balas

hehe betul Bu Nanik

10 Jun

Ilmu baru bagi saya...

10 Jun
Balas



search

New Post