Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Tempe Mendoan

Mengenal Tempe Mendoan

Ketika kami kembali ke Jakarta, ada tetangga yang memberi oleh-oleh tempe mendoan yang masih mentah (belum dimasak). Tempe Mendoan merupakan salah satu makanan khas Banyumas, Jawa Tengah. Istilah mendoan berasal dari kata “mendo” yang berarti setengah matang atau lembek.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tempe mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe tipis dan digoreng dengan tepung serta bumbu secukupnya. Biasanya tempe mendoan hanya digoreng sebentar, sehingga menghasilkan tekstur yang lembek dan berminyak.

Tempe mendoan Banyumas terkenal memiliki tekstur yang khas dan unik dilihat dari minyaknya yang masih membasahi permukaan tempe tersebut. Mendoan telah menjadi makanan kebanggaan dan primadona masyarakat Banyumas sejak dulu. Bahkan, makanan ini sudah dikenal hingga seluruh Indonesia dan mancanegara.

Tempe mendoan biasanya disajikan selagi masih hangat dengan tambahan sambal kecap. Olahan ini sering dijadikan camilan untuk teman bersantai bersama keluarga atau teman dan bisa juga dijadikan pendamping minum kopi di pagi atau sore hari.

Tempe mendoan menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di rumah orang Banyumas. Di sana, menu ini bisa dijumpai di mana saja, mulai dari pedagang kaki lima hingga rumah makan.

Tata cara membuat tempe mendoan.

Bahan:

5 lembar tempe mendoan, masing-masing dipotong menjadi 2. 6 sdm munjung terigu. 2 batang daun bawang atau kucai diiris. 1 tangkai seledri, iris halus. 3 siung bawang putih, haluskan (atau 3/4 sdt bawang putih bubuk). 1 sdt ketumbar bubuk. Garam, merica sesuai selera. Air secukupnya.

Cara membuat:

Campur terigu, daun bawang, seledri, bawang putih halus, ketumbar, garam, dan merica sampai rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai didapat adonan yang kental. Celupkan tempe ke dalam adonan, goreng sebentar saja hanya sampai adonan tepung matang tetapi tidak sampai cokelat. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan sambal kecap.

Saat ini sudah banyak dijal bahan untuk membuat tempe mendoan, yaitu tempe khusus dan tepung yang sudah dibumbui, sehingga dimanapun kita dapat menikmati tempe mendoan yang sama dengan tempe mendoan di daerah asalnya, Banyumas.

Tempe mendoan, disajikan dengan sambal kecap atau cabe utuh

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Pak Arif. Apalagi disertai dengan tampilan angka cantik sebagai ilustrasi gambarnya.. Sukses selalu

18 Apr
Balas

Menu yang wajib ada tiap hari ini haha.... Tp ya ga bosen2 ya, Pak.

19 Apr
Balas

hehe iya Bu

19 Apr

Hemmm..... Tempe mendoan Banyumas dicolek sambal kecap mantap.

19 Apr
Balas

betul bu

19 Apr

Saya bilang "tempe berselimut". Terimakasih resepnya.

19 Apr
Balas

Tempe mendoan Banyumas paling maknyus.

20 Apr
Balas

Betul sekali Pak, tempe mendoan makanan kami sehari-hari di Purwokerto, Banyumas.

19 Apr
Balas

Iya, makanan favorit

19 Apr



search

New Post