Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesantren Kilat

Pesantren Kilat

Pesantren kilat atau yang biasa disingkat Sanlat ini merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat, biasanya dalam bulan Ramadhan. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memberi ruang bagi para siswa agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Lewat sanlat, para siswa belajar agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter, hingga mengindarkan dari hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bermain handphone atau menonton televisi. Materi di dalam sanlat mengajarkan para siswa untuk mengenal Agama Islam secara mendalam.

Kegiatan sanlat di SMAN 40 Jakarta, diikuti oleh siswa-siswi Muslim mulai hari ini Senin, 1 April 2024 hingga tiga hari kedepan, dengan tema Pesantren Ramadhan Ceria. Kegiatan diawali dengan shalat Duha dan Pembukaan oleh kepala sekolah, di masjid Al-Ikhwan SMAN 40 Jakarta. Bertindak sebagai pembina adalah guru Pendidikan Agama Islam, Nasrul Ngarif, SPd.I.

Beberapa manfaat sanlat untuk bagi siswa-siswi antara lain:

1. Mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting, agar anak mampu menghindarkan diri dari hal-hal negatif dari lingkungan sekitar.

2. Meningkatkan pemahaman tentang ajaran agama Islam.

Dengan demikian diharapkan para siswa dapat memupuk rasa cinta kepada Allah Subhanahu Wa’Taala dan Rasulullah, sehingga para siswa senantiasa akan berbuat sesuai dengan ajaran agama dan menjauhi hal yang dilarang.

3. Memperbaiki Ibadah dan Akhlak

Dengan sanlat diharapkan para siswa dapat terus meningkatkan ibadah dan menunjukkan akhlak yang mulia untuk orang-orang di sekitar.

Semoga sanlat yang diadakan oleh SMAN 40 Jakarta dalam Bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat untuk para siswa agar menjadi pribadi yang tangguh, unggul, sholeh-sholehah serta berkarakter.

Aamiin…

Jadwal sanlat hari-1

Peserta sanlat, serius mengikuti ceramah dari nara sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasan kegiatannya Pak Arif. Sukses selalu

01 Apr
Balas

Smg Sanlat lancar dan sukses. Smg bahagia selalu, pak

01 Apr
Balas

Aamiin...

01 Apr

Mantap ulasan nya

01 Apr
Balas

Wah...sm ky sklh sy pak. Yg Kristiani jg giat religius di sklh sy smpe tgl 5 nnti.

01 Apr
Balas

Ya betul bu.

02 Apr

Amin. Giat seperti ini mesti diperbanyak untuk anak jaman now.... Salam sukses, Bapak.

01 Apr
Balas

Luar biasa kegiatannya untuk pembentukan karakter siswa. Sukses selalu

01 Apr
Balas



search

New Post