Rochadi Arif Purnawan

Lahir di Banyumas, 1965. Setamat SMA, melanjutkan kuliah di IKIP Jakarta. Pendidikan S2 di selesaikan di Universitas Indonesia, program studi Ilmu Biologi Medis...

Selengkapnya
Navigasi Web
Siswa Membatik-3

Siswa Membatik-3

Sampai hari ini proses membatik yang dilakukan oleh siswa-siswi SMAN 40 Jakarta sudah memasuki tahap penyelesaian (finishing). Pada proses ini yang dilakukan adalah melunturkan malam dengan proses pemanasan.

Sebelumnya kain putih yang telah dibuat pola diberi malam menggunakan canting dengan tujuan untuk menghalangi proses pewarnaan pada batik. Karena bagian kain yang tertutup malam tidak dapat tembus pada saat proses pewarnaan. Setelah itu barulah dilakukan pewarnaan (dicelup dengan warna). Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keperluan dan berapa warna yang diinginkan.

Langkah terakhir adalah melunturkan malam dengan cara direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari kain dan larut dalam air. Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.

Berikut adalah proses melunturkan malam dan hasil terakhirnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap Pak Arif. Jika dikembangkan menjadi sebuah produk unggulan sekolah, benar-benar sangat luar biasa tuh. Siswa juga akan bangga, karyanya mendapat apresiasi dari masyarakat. Sukses selalu

28 Mar
Balas

Bagian dari pendidikan kewirausahaan

29 Mar

Smg siswa memetik makna dari berbagai proses yang dilakukann. Giat yang keren.

30 Mar
Balas

Betul Bu

01 Apr

Keren hasil batiknya Pak Arif

29 Mar
Balas

Wahhh...benar2 keren ini, p Rochadi. Sukses sllu

28 Mar
Balas

wow keren hasinya pak, salam sukses

28 Mar
Balas

Sama2 pak

28 Mar



search

New Post