Nurul Faizah

Perempuan sederhana yang ingin berkarya, dengan nama pena Roel Faizah. Berharap dengan karyanya, dapat bermanfaat bagi kehidupan. Karya-karyanya yang berupa pui...

Selengkapnya
Navigasi Web
TA' MARBUTHAH DAN AZIZ

TA' MARBUTHAH DAN AZIZ

Ta' Marbuthoh & Aziz

---

Ngajar itu sebenarnya memang melelahkan. Namun, jika mengingat hadits Nabi yang mengatakan bahwa salah satu amal perbuatan tidak akan pernah putus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat, seketika lelah itu menguap. Seiring menguapnya bulir-bulir keringat yang mengalir.

.

Dan jika memandang teman-teman yang mengajar di TPQ atau TK/RA, saya sedikit iri. Mengapa? Karena masa kanak-kanaklah yang ketika diajarkan sesuatu, langsung menempel di otaknya hingga kapan pun. Meski sudah tua sekalipun, saat menyanyikan balonku ada lima misalnya, masih tetap hafal di luar kepala.

.

Artinya, ketika kita mengajarkan suatu kebaikan pada anak-anak balita pasti pahala akan selalu mengalir pada kita selama anak-anak tersebut melaksanakannya. Hanya saja, mungkin saat ngajar memang butuh kesabaran ekstra. Namanya anak kecil pasti nanti permintaannya aneh-aneh, kan? (Satunya pengen pipis, satu lagi lapar, satu lagi pengen pup, yang lain lagi nangis, dll ....)

.

lalu, saat ngajar di tingkat SMP stok sabarnya juga perlu ditambah. Kenapa? Karena anak-anak SMP yang kadang justru susah untuk dinasehati. Seakan-akan numpang lewat, masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Entah ada yang nyantol di kepala atau tidak. (Ada yang ngantuk, baru saja disuruh bangun sudah ngantuk lagi. Ada yang ngobrol, begitu diperingatkan sebentar juga ngobrol lagi, bahkan ada yang terlambat masuk kelas langsung mapan kepalanya di meja dengan mata terpejam.)

.

Nah, saat ngajar di tingkat yang lebih tinggi malah justru agak ringan, karena yang diajar sudah bukan dikategorikan anak-anak lagi dan sudah dilategorikan memasuki usia remaja. Saat itulah di mana mereka sudah bisa membedakan mana yang baik untuk diri sendiri dan mana yang buruk.

.

Demikian juga di tingkat perkuliahan, stok sabar tidak terlalu banyak dibutuhkan. Hanya saja butuh kecerdasan yang lebih dibanding sebelumnya. Bisa juga dikatakan butuh kecerdikan, karena pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan terkadang bukan karena memang ingin tahu lebih lanjut, tetapi sekedar ngetes atau diplesetkan ke yang lain.

.

Pernah pas ngajar waktu itu tentang imla'/dikte dalam tulisan arab. Dijelaskan disitu tentang huruf-huruf yang bisa digandeng dan tidak bisa digandeng dengan huruf setelahnya. Ada satu huruf yang tidak bisa digandeng dengan setelahnya dan letaknya harus di akhir kata, yaitu ta' marbuthoh. (Ta' yang bentuknya bulat)

.

Tiba-tiba salah satu dari mereka yang laki-laki ada yang bertanya, "Bu, kenapa ta' marbuthoh tidak mau diletakkan di awal Bu?"

Saya jawab serius waktu itu, "Karena ta' marbuthoh memang sebagai tanda muannats (tanda perempuan) dalam bahasa arab, jadi tidak bisa terletak di awal, harus ... ."

Tapi belum selesai saya melanjutkan, sudah dipotong, "Bukan bu, bukan tidak bisa tapi tidak mau, karena yang pertama belum tentu jadi yang terakhir."

.

Saya cuma senyum saja, tapi seisi kelas sudah ribut tertawa. Entah menertawakan dia, entah karena baper. (Eeaaa... )

.

Kemudian pelajaran masih berlanjut ke contoh-contoh lainnya. Salah satu huruf yang tidak bisa digandeng tetapi bisa terletak di awal, tengah dan akhir yaitu huruf za' (ز). Dan contoh saat itu adalah عزيز (aziz).

.

Anak yang bertanya tentang ta' marbuthoh tadi menanyakan lagi, "Bu, ini kenapa aziz bukan azizah Bu?"

"Iya, karena takut nanti kamu jatuh cinta!"

.

Yes!

Kelas ribut kembali.

.

By:

Roel Faizah

Pekalongan, 13092018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Asyiik... dapat ilmu baru dan teman baru.. selamat bergabung Bu Roel, salam literasi

11 Oct
Balas

Nggih ... salam kenal, salam literasi juga ... semoga bermanfaat.

11 Oct

Matur nuwun, ternyata sudah profesional, top ...jadi bisa ikut belajar.

11 Oct

haduh, top dari mananya ini Pak ... masih belajar juga.

16 Oct

haduh, top dari mananya ini Pak ... masih belajar juga.

16 Oct
Balas



search

New Post