Siti Rohayati,S.Pd.SD

Siti Rohayati, S.Pd.SD. Lahir di kota Jakarta, 04-02-1967.Guru SDN Sumberjaya 04 Tambun Selatan - Bekasi. Kuliner dan menulis hoby yang melekat hingga kini. Ber...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penjaga Tol Langit Pendidikan

Penjaga Tol Langit Pendidikan

Penjaga Tol Langit Pendidikan Jawa Barat

By: Siti Rohayati, S.Pd.SD

Guru SDN Sumberjaya 04 Tambun Selatan.

Peserta VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 03.

Guru jaman now, harus selalu update dalam setiap perubahan atau apapun itu yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Salah satu cara untuk itu adalah dengan melakukan pengembangan diri dalam setiap pelatihan atau seminar. Guru jangan pernah merasa puas karena sudah menyelesaikan tanggungjawab dengan mengatakan sudah menggugurkan kewajibannya, yaitu mengajar. Selanjutnya, mau anak bisa atau tidak bisa, terserah. Guru seperti itu seharusnya segera mengubah cara pandangnya. Jika tidak, apa kata dunia nanti?.

Kalau mengikuti kegiatan ofline, itu sudah biasa. Tantangannya tidak seberapa. Namun mengikuti kegiatan online itu baru luar biasa. Kenapa enggak? Biasanya kegiatan online membutuhkan konsentrasi penuh, harus ekstra sabar dalam menghadapi yang namanya sinyal. Seperti kegiatan online yang aku ikuti belum lama ini, yaitu kegiatan seminar online VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 03.

Kegiatan tersebut ku ikuti semata ingin menambah wawasan dan pengetahuan yang mumpuni, serta menjawab tantangan tentang revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan. Agar predikat guru jaman now itu layak ku dapat. Dari judulnya, aku sangat tertantang, yaitu *Virtual Coordinator Training* ( VCT ).

Aku segera mendaftar melalui sebuah link yang ku dapat dari seorang teman. Ternyata kegiatan seminar online ini betul-betul menguras tenaga dan kesabaran yang luar biasa. Banyak peserta yang berguguran selama perjalanan kegiatan tersebut. Alhamdulillah, aku masih bertahan. Setiap hari aku ikuti kegiatan online dengan kesungguhan hati. Walau sempat juga berpikir ingin mundur, karena alasan tidak mengerti, tidak bisa bertanya langsung pada pemateri, tidak bisa mendengarkan paparan materi secara langsung pula. Itu sebagai tantangan pertama.

Karena niat dan keingintahuanku begitu besar, akhirnya aku bertahan. Sampai akhirnya, paparan materi selesai. Dan seluruh peserta harus menyelesaikan tugas-tugasnya secara online pula. Yaitu tampil untuk menjadi presenter, host, moderator, membuat flyer, membuat room meeting sendiri, membuat presensi dan merekam setiap kegiatan melalui room webex. Semua tugas bisa terhandle dengan baik, masalahnya adalah, saat kita tampil sebagai presenter, moderator atau host, itu terkendala oleh *SINYAL* Suara terputus-putus, suara tidak jelas, volume kecil bahkan tersendat-sendat bahkan menghilang atau tidak terdengar sama sekali. Itu sebagai tantangan kedua.

Tantangan ketiga adalah, ketika semua tugas sudah dilaksanakan, maka tugas tersebut harus dimasukkan kantung tugas yang sudah dibuat sedemikian rupa oleh penyelenggara. Lagi-lagi menemukan kesulitan saat submit. Memang, untuk menjadi sukses banyak ujiannya. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ujian yang kuhadapi pada kegiatan seminar online ini adalah sinyal.

Berbahagialah buat teman-teman yang dinyatakan lulus dalam kegiatan ini dan berhak mendapatkan *SERTIFIKAT* Kita, yang tergabung sebagai peserta VCT Batch 4 VCI 77 Jabar 03 dan dinyatakan lulus adalah para pejuang sinyal yang tangguh sebagai *Penjaga Tol Langit Pendidiian* untuk Jabar Juara.

Tambun, Juli 2019

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap.. guru memang harus Go Online. Ingin juga daftar kuliah online juga. Dulu pernah ada tawaran kuliah gratis satu tahun, kalau tidak salah di Madinah University. Kegiatan online lebih murah dan lebih cepat karena tidak butuh transportasi dan akomodasi...

07 Jul
Balas

Aku belum berani ambil tantangan itu. Gak mau pusing, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

06 Jul
Balas

Sy blm pernah mengikuti kegiatan secara daring. Takut patah hati oleh sinyal. Bravo bu.

06 Jul
Balas



search

New Post