Rohayati

Namaku Rohayati, Lahir di Jakarta, Seorang guru geografi di SMAN 1 Tanjungpandan, alumni IKIP Jakarta atau UNJ...

Selengkapnya
Navigasi Web
OPOR AYAM KAMPUNG

OPOR AYAM KAMPUNG

Tantangan Hari ke 237

#tantanganGurusiana

#menuju-365

OPOR AYAM KAMPUNG

Beberapa hari ini aku masak sayur tumisan dengan menggunakan cabe rawit pemberian kawan mengajar bapak. Jadi sayur tumisnya pedas. Atau bila membuat sambal bawang juga pedas, karena pakai cabe rawit juga, padahal bahan sambal sudah digoreng terlebih dahulu. Akibatnya bapak yang kena imbas, ke belakang terus.

Jadi pagi hari Minggu ini aku ingin masak yang tanpa cabe. Kebetulan stok lauk ada ayam kampung. Setelah kupikir-pikir, supaya nyaman (enak, yummy) namun tanpa cabe, maka kuputuskan untuk masak “OPOR AYAM KAMPUNG”.

Berikut ini resepnya. Silahkan ibu-ibu pembaca yang tertarik mencoba.

Bahan-bahan

( untuk 5 porsi )

500 gr ayam kampung potong sesuai selera 3 lbr daun salam 1 lbr daun jeruk 7 cm lengkuas (geprek) 2 batang serai (geprek) 2 sdm minyak goreng 400 ml air 65 ml santan Garam secukupnya Gula secukupnya Bawang goreng (untuk taburan) 1/2 buah jeruk nipis

Bahan Bumbu Halus:

1. 8 siung bawang merah

2. 4 siung bawang putih

3. 3 cm jahe

4. 3 butir kemiri

5. 1/4 sdt ketumbar

6. 1/2 sdt kunyit

7. 1/4 sdt merica

Sejumput jintan

Langkah

Cuci bersih ayam lalu potong sesuai selera, lumuri dg jeruk nipis dan garam. Haluskan bahan2 bumbu halusnya. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas aduk2 sampai merata lalu tambahkan air masak sampai mendidih Setelah mendidih tambahkan garam dan gula lalu masukkan ayam masak sampai mendidih dan ayam matang. Setelah itu masukkan santan kental, lalu koreksi rasa. Masak ± 5-7 menit lalu sajikan dg ditaburi bawang goreng.

Selamat mencoba ya ....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih resepnya, Bunda. Salam literasi

01 Nov
Balas

Selamat mencoba ibu, .. di rumah

01 Nov

Ibunya yg disuruh masak ya pak maksudnya hi..hi ..

01 Nov

Wow pasti lezat opor ayam kampungnya Bu. Mantap

01 Nov
Balas

Selamat mencoba bu Herni, buat si bujang, kemarin keliatan si bujang datang ke sekolah pas bulan bahasa ...

06 Nov

Pasti lezat, gambarnya aja menggugah selera, nasi panas mana ya, hehe...

01 Nov
Balas

Ambil ke tempat kami yuk, bu Yurlina cantik, nasi yg kemenyos ... uhuy !

01 Nov

Pasti lezat, gambarnya aja menggugah selera, nasi panas mana ya, hehe...

01 Nov
Balas

He..he ...

01 Nov

Trims Para ains, sehat selalu ya

01 Nov
Balas

Para Admins

01 Nov



search

New Post