Rohmawati

Saya guru di MIN 4 Sragen, Kab.Sragen Jateng, juga menulis buku PAI SD di penerbit Tiga Serangkai Solo. Menjadi fasilitator daerah B3 USAID Prioritas tahu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seribu Masalah Seribu Inspirasi

Seribu Masalah Seribu Inspirasi

Guru adalah pendidik yang harus mempunyai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Kompetensi pedagogik, guru harus mampu memahami peserta didik, merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan kompetensi siswa. Dari kompetensi pedagogik ini tugas guru sebenarnya sangat berat. Tidak hanya sekedar mentransfer ilmu tetapi mendidik menjadi siswa yang berkarakter dan berkembang sesuai kompetensinya.

Menjadi guru sekolah dasar di desa dengan latar belakang murid yang berbeda-beda adalah suatu anugerah. Beragam karakter, pembawaan, dan juga kemampuan yang beragam. Harus diakui bahwa sekolah di desa menerima siswa tanpa ada syarat, bahkan belum pernah masuk TK harus di terima selama usia sudah cukup. Guru harus bekerja keras untuk mendidik siswa dengan penuh kesabaran. Ketika menemui siswa beragam dari segi kemampuannya, itu adalah tantangan. Tugas guru untuk menemukan metode yang sesuai agar dapat diterima oleh semua siswa.

Tetapi harus disyukuri, ketika kita mendapat tugas mendidik siswa yang beragam. Setiap tahun siswa yang dihadapi berbeda dan mempunyai karakteristik yang beragam akan menciptakan inspirasi baru. Semakin banyak masalah yang kita temui, semakin semangat kita menemukan solusi. Dari solusi ini akan muncul inspirasi baru untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Tanpa ada masalah kita sulit menemukan inspirasi baru.

Belajar menyenangkan adalah proses pembelajaran yang dapat diterima semua siswa dengan riang, tetapi tujuan pembelajaran tetap tercapai. Menjadi guru inspiratif akan sangat disukai siswa. Belajar pun semakin asyik, hidup, dan tidak jenuh. Ketika pembelajaran menyenangkan semangat siswa untuk belajar juga tinggi. Tetapi perlu dicatat bahwa kompetensi setiap siswa tidak sama, sehingga akan lebih baik jika proses lebih dihargai dari pada hasil. Proses belajar ini sangat penting, untuk mengantarkan pemahaman konsep. Meskipun di prestasi hasil belajar akan beragam, karena kemampuan siswa juga beragam.

Dengan didasari rasa keikhlasan seorang guru, mendidik itu menyenangkan dan menjadi kebanggaan tersendiri. Jadi jangan menyerah begitu saja dengan keadaan, ketika menghadapi kemampuan siswa yang beragam. Sebaliknya jadikan itu sebuah ladang amal dan ladang ilmu untuk belajar meningkatkan kompetensi pedagogik kita. Seribu Masalah Seribu Inspirasi itu kita tanamkan dalam hati kita. Dengan begitu akan banyak inspirasi dan menambah pengalaman kita dalam mendidik putra putri bangsa, sekalipun berada di pelosok yang jauh dari keramaian kota. Semangat guru

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post