Pak Omank

Guru SD Negeri 1 Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web

Apa Jadinya?

Apa jadinya jika saat ini masih ada guru yang memukul murid dengan tuding. Kata "tuding" mungkin sudah asing di zaman sekarang. Anak-anak tidak lagi mengerti kata itu. Mungkin guru-guru muda juga sudah tidak mengenalnya. Bahkan guru-guru senior pun juga sudah tidak mengenal lagi.

Apa itu tuding? Menurut KBBI tuding artinya miring ke bawah. Sedang dalam Bahasa Jawa artinya tunjuk (kk) dan alat untuk menunjuk (kb).

Dahulu tuding bagi seorang guru itu ibarat tongkat komando. Dengan tuding guru menunjuk (ilmu baru), mengarahkan (seperti penggembala), memerintah (seperti panglima), mengorkestra (seperti dirigen), memberi peringatan (seperti Musa), menghukum (seperti ibu), dan msh banyak lagi fungsi dan makna dari tuding.

Namun dengan perspektif sempit tuding sudah hilang semenjak ada istilah HAM utamanya setelah dicanangkan hasil Konvensi Hak Anak. Tuding hanya dimaknai negatif sebagai alat untuk menghukum dengan menghilangkan fungsi-fungsi lain yang lebih banyak makna.

Tuding sebagai simbol guru kini telah tiada. Mungkinkah kewibawaan guru sebagai penunjuk ilmu, sebagai pengarah, sebagai dirigen, sebagai pemberi peringatan, dan sebagainya akan hilang juga?

Mestinya tidak sebab jika wibawa guru ikut hilang seiring hilangnya tuding lantas apa jadinya!?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tetap sebagai penuntun

03 Feb
Balas



search

New Post