Rokhmat

Rokhmat Mahasiswa STAI Haji Agus Salim Cikarang Bekasi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaknai Kasih Sayang

Memaknai Kasih Sayang

Memaknai Kasih Sayang

Oleh : Rokhmat

Pertemuan dua sahabat semasa sekolah SMK, temen lama yang hampir lima tahun tidak pernah bertemu, sebut aja Adam dan Boby dalam pertemuan tersebut banyak perubahan dari segi fisik pada Boby, tubuh dekil wajah kusut dan badan kurus terkesan tidak terawat.

Boby adalah keturunan keluarga yang mampu segala kebutuhan fasilitas sejak waktu masa sekolah Boby yang di dapatkan dari keluarganya, penampilan dulu waktu sekolah bersih rapih dan keren abis apa lagi tiap kali nongkrong motor Ninja RR 150 selalu menemaninya disekolahan pokoknya terlihat paling tajir dari temen-temen yang biasa ngumpul.

Namun kali ini Boby sungguh sangat perihatin, kini hanya sepasang sandal putus dengan diiket tali yang melekat di kedua kakinya, menggunakan baju yang kumel yang begitu bau mungkin karena berhari hari gak ganti.

Pertemuan awal Adam dan Boby di tempat tambal ban , obrolan diawali oleh Boby

waktu itu Boby mau meminjam korek api untuk membakar rokok yang kondisinya setengah batang ( puntung rokok ), ngepasin waktu itu baru saja Adam menyulutkan api membakar rokok yang menjepit disela-sela jari.

Boby :" Mas maaf boleh minjem korek apinya...? " dengan nada begitu memelas,dan sergah Adam menjawab sambil merogoh saku baju untuk memberikan korek api yang dimaksud

Adam :" Oh iya silahkan .." setelah memberikan korek Adam memperhatikan wajah seseorang yang meminjam korek barusan, kok kayaknya kenal dengan wajah tersebut, ahirnya Adam pun memberanikan bertanya kepadanya.

Adam :" Maaf kamu Boby ya..? " dan Boby pun sontak kaget kok ada yang tau, Boby pun mengingat ingat yang menyapa dan tau namanya dan Boby pun menjawab ..

Boby :" iya saya Boby, kok mas tau nama saya, Mas siapa ya..?" kembali Boby bertanya kepada Adam, karena Boby sewaktu sekolah hanya bergaul sama anak-anak yang tergabung club motor bahkan pernah melecehkan Adam mengingat Adam orangnya culun dan gak bergaul ditambah Adam kalo kesekolah gak pernah pake sepeda motor, mengingat kondisi keluarga yang gak punya.

Adam : " saya Adam temen sekolah kamu dulu, yuk mampir ketempat gua, ntar kita obrolin di kost-kostan sekalian makan malam ..? " Adam ajak ke Boby dengan santunnya supaya mampir ke kost Adam. Boby pun nurut ajakan Adam naik motor berdua sebelum sampai ditempat kost mampir beli nasgor, singkat cerita sebelum makan nasgor Adam mandi dan disusul sama Boby dan lanjut makan nasgor berdua. Selesai makan malam sholat isya berjamaah.

Sambil nyantai ngopi dan ngerokok bareng dan ngobrol ringan saling menanyakan kesibukan kegiatan masing-masing.

Boby :" Dam sory ya gue dulu sering ngecewain bikin lo minder dan suka bikin lo sakit hati didepan temen-temen club motor gua " . Adam pun menjawab dengan santai.

Adam :" Bob udah lah yang dulu sudah aku lupakan, lagian ntu bukan kesalahan kamu ada peraturan kebijakan pengurus. Oh iya lo sekarang kesibukan kegiatannya ngapain aja " kembali Adam bertanya ke Boby yang sontak pertanyaan tersebut membuat Boby dan diam menunduk.

Boby :" Saya gak punya kegiatan apapun Dam, sekarang aja gak tau mau kemana, saya kabur dari rumah Dam.." sambil menunduk Boby menjawab pertanyaan Adam, Adam pun kembali bertanya

Adam :" Memangnya kamu punya masalah, Sorry Bob bukannya gua sok ikut campur urusan kamu..? ".Boby langsung menjawab .

Boby :" Ngga apa-apa Dam, justru gua lagi butuh teman yang bisa di ajak bicara dan mau mendengarkan keluh kesahku, karena selama ini temen-temen yang biasa nongkrong sama gua semua meninggalkan saya mereka hanya menerimaku hanya disaat butuhnya saja " Boby menjawab dengan begitu berharap kepada Adam mau menerima curhatannya. Adam pun kembali bertanya

Adam :" Bob emangnya kenapa kamu kabur dari rumah segala, lo pingin kawin ngambek hehehe sory brow becanda "..Boby pun menjawab dengan santainya

Boby :" Busyet dah gua belum kepikiran marride brow " lanjut Adam bertanya lagi

Adam :" Lah terus ngapa pake kabur-kaburan sgala..? Boby pun ahirnya menjawab dengan juteknya..

Boby :" Gua lagi kesel Dam sama nyokap ma bokap gua, motor ninja gua kan udah tua gua minta ganti Ninja 250 yang 4 tak, nyokap bokap kagak ngasih kata bokap ntu motor kan masih bisa jalan ngapain pake ganti sgala berujung ribut dirumah gua ngamuk, ahirnya gua kabur ketempat tongkrongan temen-temen dan sempet merapat ke club motor yang biasa kami ngumpul cuman gua gak terima karena motor gua dah jadul gak memenuhi standar peraturan club, makin hari makin pusing mo pulang males masih kesel ahirnya motor gua jual and sekarang gua jadi gelandangan gak jelas mo kemana, sering tiap hari makan kadang nungguin sisa bekas orang dan tidurpun diemperan mushola atau di toko ". Adam diem nyimak curhatannya Boby, setelah Boby mengungkapkan panjang kali lebar kali tinggi curhatanya, Adam pun balik bertanya

Adam :" Sekarang kamu mo kemana dan rencana mau ngapain Bob..?"

Boby :" Gua pingin kerja Dam, kerja apa aja yang penting halal buat nyambung hidup gua ( bukan nyawa berepisode hehehe maksudnya buat biaya kebutuhan makan sehar-hari ) Oh iya Dam sekali lagi makasih banget ya lo mau dengerin curhatan gua ". lanjut Boby berterimakasih sama Adam.

Adam iba dengan kondisi Boby hingga Adam pun menawarkan kepada Boby untuk sementara waktu hingga kondisi stabil supaya tinggal bareng dikostannya, mendapat tawaran tersebut Boby pun sontak bertekuk dan nangis sejadi jadinya didepan Adam mengucapkan rasa terima kasih yang sangat sama Adam.

Adam :" Oke brow sekarang kita tinggal bareng dikostan, yaaa harap maklum kalo gak sesuai dengan fasilitas yang biasa kamu dapatkan " Boby menyahut sambil isak tangis rasa terima kasihnya.

Boby :" Huuuuuu uhuuuu Ya Ampuuun preeen gua baru tau dan ngerasain mana sahabat, mana temen, mana ngaku sahabat ngambil manfaat selama ini, Dam sekarang kemewahan fasilitas bagi gua gak penting."

Adam :" Bob gua mau nanya ma lo boleh gak..?

Boby :" Apa tuh.."

Adam :" Bob Lo pernah gak ngucapin terima kasih sampai nangis terseduh sama nyak ma babeh atas segala kasih sayang beliau-beliau kepada lo dari sebelum lahir hingga sekarang ini...? Duaaaaar seperti kesambar petir disiang hari pertanyaan yang dilontarkan Adam kepada Boby, Boby pun diam seribu bahasa yang terlihat hanyalan senggukan dan tetesan air mata yang terus mengalir di wajah Boby hingga basah kuyup menetesi bajunya, mungkin Boby sangat merasa bersalah kepada kedua orang tuanya yang tanpa sadar begitu sangat sayangnya orang tua kepada Boby.

Boby pun ahirnya sambil terbata bata berucap dan sambil mengusap air mata diwajahnya kepada Adam

Boby :" Dam, Gua gak bisa jawab yang ini, Lo sudah menyadarkan gua tentang makna kasih sayang Orang tua dan sahabat, ...Astaghfirullahal 'adzim Yaaa Allaaah kenapa aku bodoh sekali selama ini, mungkin ini azab dari Allah atas ulah jelekku menyakiti hati kedua Orang tuaku dan yang tanpa sadar temen-temenku yang lain yang pernah aku sakiti, sehingga hidupku gelandangan gak jelas " Adam kembali meredam biar Boby tidak larut dalam rasa kesalahannya.

Adam :" Cukup Bob, Insya Allah masih ada waktu untuk meminta maaf kepada Orang Tua dan teman-teman kita semua, saya yakin beliau-beliau semua masih membuka lebar-lebar pintu maaf buat kita yang sedang hilaf.

Ahirnya Boby mendapatkan pekerjaan dan gajian pertama Boby pulang menemui kedua Orang Tuanya dan alhamdulillah kedua Orang tuanya sangat bahagia anak lelaki satu-satunya dari lima bersaudara kembali pulang dan menyempatkan waktu nyambangi temen-temen nongkrong dulu.

Semoga sepenggal cerita saya diatas menjadi muhasabah kita untuk lebih baik lagi dan selalu menyayangi kedua orang tua dan selalu menjaga hubungan selaturahmi kepada sesama.

Ahir cerita menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H . Alfakir atas nama pribadi dan keluarga yang banyak kehilafan baik perbuatan atau ucapan sengaja ataupun tidak di sengaja saya dengan sangat Memohon maaf lahir dan batin kepada semua para Guru , sahabat dan teman2-teman Taqoballahu minna Waminkum Siyamana Wasiyamakum

Minal Aidin Wal Faizin.

Salam Ngopi NUsantara

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cerita yang jadikan pembelajaran. Harus pandai memilih teman. Sukses selalu dan barakallahu fiik

30 May
Balas

Terima kasih Bun atas Apresiasinya barokallahufik..

04 Jun

Wah sangat menginspirasi, memang baik itu susah nyarinya.

30 May
Balas

Terima kasih Bun sudah berkunjung, memang demikian semoga bermanfaat..barokallahu fik

04 Jun



search

New Post