ROSIHAN ARI WIBOWO

Canggah dari Kyai Soleh Lateng. Lare Osing, lahir di Banyuwangi 01 Februari 1986. Tinggal di Jember sejak tahun 2014. SD Al Irsyad Al Islamiyah Banyuwangi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mulailah Menulis!

Saya baru saja membaca buku. Buku yang saya baca ini berjudul "Menulis itu Menyenangkan, 25 Tips dan Motivasi Menulis Untuk Pemula". Penulisnya Himam Miladi.

Saya mendapatkan buku ini secara cuma-cuma. Meminjam secara online pada aplikasi iPusnas. Aplikasi milik Perpustakaan Nasional.

Bukan tanpa alasan saya memilih buku ini. Sebagai seorang pemula saya perlu membacanya. Karena disadari atau tidak, ketika saya memilih menulis sebagai hobi, mau tidak mau saya harus banyak membaca. Hal itu dilakukan untuk memperkaya pengetahuan.

Kembali pada buku bacaan tadi. Saya tertarik dengan satu kalimat motivasi yang berbunyi: "You can always edit a bad page. You can't edit a blank page". Kamu dapat mengedit halaman yang buruk, kamu tidak dapat mengedit halaman kosong.

Kalimat tersebut benar-benar mengena. Terutama bagi penulis pemula seperti saya. Karena, kadang-kadang saya kesulitan ketika akan memulai sebuah tulisan. Walau ide sudah didapat, tapi masih bingung mulai menulis dari mana.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut ya harus menulis. Nekat menuangkan pikiran walaupun tulisan kita belum layak. Namun, yang perlu dicatat. Tulisan kita yang belum layak tersebut masih bisa kita edit. Sebaliknya, bila tidak segera mulai menulis, ya tidak ada bahan yang bisa kita edit. Jadi, segeralah menulis!

Jember, 17 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, pak Rosi. Salam sehat dan sukses selalu!

17 Jan
Balas



search

New Post