ros tini

Saya terlahir dengan nama Rostini, yang memiliki makna seorang perempuan bagaikan bunga mawar yang cantik dan harum. Semoga harapan dari orang tua yang baik-bai...

Selengkapnya
Navigasi Web

Puasa dan Corona

Memasuki Bulan April, yang diingat adalah puasa Ramadhan. Bicara Ramadhan tentu kita akan teringat shalat Tarawih dan makan sahur juga buka. Dan satu bulan berikutnya adalah Hari Raya Idul Fitri.

Menjelag Hari raya Idul Fitri, biasanya warga ramai memadati jalan-jalan tol maupun jalan-jalan alternatif untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Dan kota-kota besar? Seperti biasa sabar menunggu lengangnya jalan-jalan utama hingga gang-gang kecil.

Namun mudik yang penuh hiruk pikuk melalui jalan darat, udara juga laut, tidak akan terlihat dan terasa di tahun ini. Wabah Covid 19 lah si pembuat sejarah, menghilangkan tradisi tumpah ruah masyarakat kaum pendatang memenuhi kampung halaman masing-masing, untuk menebar rupiah dan oleh-oleh bagi sanak saudara sebagai unjuk keberhasilannya merantau di kota besar,

Puasa dan lebaran tahun ini, memunculkan kepiluan, kegetiran dan kesedihan. Pilu, tidak dapat berkumpul dengan orang tua, sanak saudara karena dilarang mudik oleh pemerintah. Getir dan sedih, karena tidak ada lagi kebanggaan atau sekedar berbagi guna menunjukkan bakti kepada orang tua dan kasih sayang kepada sanak saudara.

Bagi perantau, adanya Covid 19 membuat mati segan hidup tak mau. Seperti sekarang, masih jauh menuju puasa apalgi lebaran sangat sulit mencari sesuap nasi, akhirnya perantau mudik cepat, Tetapi ketika mudik, tidak diterima oleh para tetangga di kampung, karena disangka penyebar wabah Covid 19. Akhirnya kembali ke kota, tanpa penghasilan.

Corona, corona, sungguh luar biasa meluluhlantakan semua kehidupan umat manusia di dunia. Ya Allah semoga ini cepat berakhir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post