ros tini

Saya terlahir dengan nama Rostini, yang memiliki makna seorang perempuan bagaikan bunga mawar yang cantik dan harum. Semoga harapan dari orang tua yang baik-bai...

Selengkapnya
Navigasi Web
Quizizz Semakin Disuka

Quizizz Semakin Disuka

Quizizz adalah sebuah aplikasi untuk membuat permainan/game secara langsung dengan interaktif. Melalui permainan quizizz, siswa bisa terpacu untuk melakukan adu cepat dengan teman sepermainan pada grup quizizz. Walaupun isinya berupa soal-soal yang harus dijawab, tapi menjawab soal dengan mengklik option jawaban pada aplikasi ini, terasa menyenangkan, demikian kalimat yang bisa saya catat ketika saya tanya kepada para siswa yang mengikuti game ini.

Menurut penuturan beberapa siswa, quizizz sangat berbeda dengan menjawab soal secara tertulis. Karena pada quizizz siswa bisa mengetahui posisinya berada pada level berapa jika dibandingkan dengan teman-teman dalam kelompok kelas quizizz, benar-benar seperti sedang bermain game. “Kalau boleh maunya setiap hari bermain quizizz”, demikian penuturan salah satu siswa ketika saya wawancara hari ini, Senin, 6 April 2020, tepat setelah selesai bermain quizizz.

Saya sangat senang akhirnya quizizz yang direncanakan 10 hari yang lalu, dapat terlaksana hari ini. Keterlambatan ini disebabkan kesiapan setiap peserta yang tidak sama. Pada quizizz, kami harus menentukan waktu yang tepat yang memungkinkan kegiatan bisa diikuti oleh semua peserta. Dari 33 siswa, hanya 29 orang yang mengikuti quizizz, sisanya mungkin terkendala jaringan.

Waktu untuk memulai quizizz pukul 10.15 dan berakhir pukul 12.06. selama lebih kurang dua jam berinteraksi pada aplikasi ini, siswa bisa memperoleh nilai 5 muatan pembelajaran. Jumlah soal per muatan pembelajaran 5 soal dengan bentuk soal multiple choice. Durasi waktu untuk setiap soal 3 menit. Jadi untuk muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS memerlukan waktu 5 soal x 3 menit x 5 muatan pembelajaran, maka untuk kelima muatan pembelajaran tersebut diperlukan waktu 75 menit. Mengapa menghabiskan waktu 111 menit kalau waktu yang dibutuhkan 75 menit?

Waktu yang seharusnya cukup 75 menit, menjadi ada tambahan toleransi waktu 36 menit dikarenakan:

1. Jeda waktu menunggu semua peserta login yang tidak sama kecepatannya, bagi peserta yang belum berhasil login, masih diberi toleransi waktu hingga 5 menit;

2. Setiap selesai satu muatan pembelajaran, saya unduh hasilnya untuk melihat class level. Pada tabel class level, kita akan mengetahui soal nomor berapa yang banyak dijawab betul atau salah oleh siswa. Guru pun bisa mengetahui perolehan score siswa, juga lengkap dengan jawaban benar atau salahnya setiap soal. Hal ini sangat penting sebagai bahan analisis, apa penyebab kegagalan siswa dalam menjawab soal tertentu, apakah soal dianggap terlalu sulit, atau redaksi kalimat soal dan jawaban yang membingungkan siswa? Dari data tabel ini, kita jadi mengetahui secara psikologis kekuatan dan kelemahan setiap siswa, juga kekuatan dan kelemahan guru dalam membuat soal.

3. Selain mengunduh class level, saya mengunduh Player level. Pada player level, kita dapat menemukan total score yang diperoleh setiap siswa. Dari data ini bisa kita manfaatkan sebagai dasar untuk menyusun ranking.

4. Sisa selisih waktu yang lain, adalah signal. Kadang-kadang sedang asyik mengunduh, tiba-tiba signal hilang. Maka ini akan menjadi penyebab waktu bermain quizizz jadi bertambah.

Menjadi guru di era ini, akan semakin dibutuhkan jika guru kreatif mengikuti perkembangan zaman. Pesatnya teknologi informatika tidak boleh menenggelamkan fungsi guru bagi siswa, melainkan menjadi motivasi bagi guru untuk semakin meningkatkan kompetensinya sebagai dasar kekuatan peningkatan prestasi belajar siswa.

Rostini Bogor, 6 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap!

06 Apr
Balas

Terima kasih Bu Nurli Yanti

06 Apr

Trims infonya bun ttg qizizz....kerenn

06 Apr
Balas

Terima kasih Bunda Suhaeni

06 Apr



search

New Post