Kolaborasi Mapel
Butet kali ini akan berkolaborasi dengan guru mapel (mata pelajaran) yang lain untuk membuat dan melakukan program pembelajaran PJJ atau BDR bersama. Sebelumnya ia membaca, mempelajari serta mengenal KD - KD apa saja yang ada pada mapel yang akan berkolaborasi. Mengenali KD di mapel yang lain dan menganalisisnya di level atau kelas yang sama menambah wawasannya. Ia segera membuat tabel atau daftar untuk menyatukan KD - KD yang ada di mapel lain itu dengan yang ada di mapelnya.
Kegiatan kolaborasi ini merupakan tugas pelatihan yang harus dilakukannya. Rencananya akan diselesaikannya pada bulan depan. Pembelajaran yang berkolaborasi ini merupakan pengalaman pertamanya antar sesama guru mapel yang berbeda. Sikap berkolaborasi memerlukan keterbukaan hati yang mau belajar. Tidak ada pikiran atau perasaan yang direndahkan antara satu dengan lainnya. Butet dan rekannya bisa saling menghargai, menolong atau membantu serta berkarya bersama. Sang guru yang menjadi kolaboratornya sangat bersemangat. Ia senang dan terbuka untuk bekerja sama dengan Butet. Ia segera meminta data sang teman untuk disampaikan pada panitia.
Rencananya, melalui pilihan penentuan KD yang sudah disepakati, akan dibuat dalam sebuah tugas proyek bersama. Tugas ini akan dilakukan secara berkelompok oleh para siswa di kelas. Mereka akan diberikan tugas membuat projek bersama dengan siswa yang lain. Dari satu tugas proyek ini, siswa akan menerima nilai untuk dua mapel yang berkolaborasi. Sebelumnya mereka diberikan sosialisasi mengenai tugas proyek ini. Mereka harus membuat jurnal setiap jadwal mapel yang tersedia mengenai perkembangan tugas yang telah dikerjakan.
Butet dan rekannya sudah memberikan contoh dan teladan berkolaborasi. Bukankah akan lebih mudah bagi siswa memahami apa arti makna kolaborasi itu dari apa yang telah dilakukan oleh gurunya. Mereka telah mempraktekkan apa dan bagaimana berkolaborasi dengan baik dan benar. Keterampilan berkolaborasi diperlihatkan dengan teladan dan sikap saling menghargai serta kerjasama yang produktif. Kegiatan ini akan menghasilkan produk yang lebih baik lagi dibanding mereka bekerja sendiri dan kegiatan ini akan mengurangi sikap individualis.
Sumber gambar :
https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/soal-kolaborasi-antar-mata-pelajaran/
Tantangan menulis hari ke 209, Jumat, 30-7-2021
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Harus masuk group ya bun
Betul Bunda. Terima kasih sudah membaca.
Betul Bunda. Terima kasih sudah membaca.
Dan harus kah berbagi juga ya?