Roulina Septeria Sianturi,SPd.MHum

Guru mulia dengan menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Permainan Tanggal Dan Hari

Permainan Tanggal Dan Hari

Belajar sambil bermain merupakan kegiatan yang tidak membosankan. Berbagai jenis permainan tersedia baik yang menggunakan aplikasi maupun tidak. Contoh game dalam pembelajaran dengan aplikasi misalnya kahoot, quizizz, dan lainnya. Game yang tidak menggunakan aplikasi ada banyak versi. Guru perlu menyiapkan bahan atau materinya terlebih dahulu. Banyak permainan yang dibuat dengan cara memodifikasi dari game yang tersedia, seperti permainan yang menggunakan papan misalnya ular tangga, dan lainnya. Jenis permainan dengan papan ini dulu menjadi permainan favorit keluarga kami. Kami mengoleksi game papan ini dari berbagai jenis mulai dari halma, ludo, dan ular tangga. Selain menggunakan papan, permainan ini juga menggunakan dadu dan beberapa pin yang berwarna.

Salah satu media untuk permainan papan ini ternyata dapat dimodifikasi. Sebagai contoh permainan ular tangga, yang menggunakan angka sampai seratus di kotak papannya dapat dimodifikasi menjadi hanya tiga puluh kotak untuk menunjukkan angka yang berfungsi sebagai tanggal dalam satu bulan. Lalu disusun dalam kotak dengan tujuh kolom yang menunjukkan kolom dengan nama-nama hari. Angka dan nama-nama hari ini akan ditulis dan disebutkan secara lisan dalam bahasa Inggris. Guru dapat mencoba dan menyiapkannya di dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai aktivitas permainan yang menyenangkan saat mempelajari materi tentang hari dan tanggal.

Cara memainkannya pun sangat mudah. Permainan ini dapat dilakukan secara offline dan online. Prinsip atau langkah-langkahnya sama. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya. Pertama, guru menyiapkan bahan atau alatnya seperti papan dalam bentuk tabel yang berisi nama hari dan tanggal, dadu, dan pin yang berwarna untuk peserta. Kedua, untuk memulai ditentukan dulu urutan setiap peserta siapa yang pertama dan seterusnya. Ketiga, dadu mulai dikocok dan dilempar untuk melihat angka yang muncul. Peserta mengikuti langkah sesuai angka yang diperoleh dari dadu tadi. Keempat, setelah menghitung langkahnya, peserta harus menyebutkan nama hari dan tanggal dalam bahasa Inggris sesuai posisi atau tempat pin itu. Begitu seterusnya, sang pemenang adalah dia yang langkahnya sampai di angka 30. Selamat mencoba untuk bermain sambil belajar.

Sumber :

Buku Siswa kelas 7 “When English Rings a Bell” , Kemendikbud.

Tantangan menulis hari ke 273, Sabtu 2-10-2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post